Studi tentang Persepsi Siswa EFL Pada Interaksi Nonverbal Guru Bahasa Inggris Di MAN 1 Bengkalis

Authors

  • Luthfiah Rohmah

Abstract

 

Abstrak: Komponen komunikasi nonverbal di kelas lebih penting dari pada komponen verbal. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa guru bahasa Inggris memiliki interaksi verbal dan nonverbal yang baik selama proses pembelajaran, guru mengajar dengan suara keras. Ketika ada siswa yang berisik, guru bahasa Inggris berhenti berbicara, kemudian melakukan kontak mata untuk menenangkan kelas. Guru bahasa Inggris melakukan control kedekatan, yang digambarkan dengan berjalan lebih dekat kebagian kelas yang bising dan terus berada di sana sampai keributan mereda. Namun, masih ada beberapa siswa yang acuh tak acuh selama proses pembelajaran. Oleh Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana presepsi siswa EFL Pada Interaksi Nonverbal Guru Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bengkalis. Penelitian ini adalah penelitian descriptive kuantitative. instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data untuk penelitian ini adalah kuesioner. Populasi penelitian ini adalah 208 siswa. Kemudian, dalam  mengambil sampel, peneliti menggunakan simple random sampling dan memilih 40 siswa dari semua kelas. Dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana melalui SPSS 20.0 hasil penelitian menunjukan Skor persentase persepsi siswa EFL di kelas sebelas Madrasah Aliyah Negeri 1 Bengkalis adalah 69,20%. itu dikategorikan sebagai level "Tinggi".

Published

2020-03-21

Citation Check