Analisis Strategi Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMK Swasta

Authors

  • bambang supri yadi SMK Negeri 1 Karanganyar kabupaten kebumen Propinsi JAwa Tengah, Indonesia

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan jumlah peserta didik di SMK Tamtama Karaganyar masih belum sesuai dengan target yang ditetapkan sehingga perlu adanya strategi pemasaran lembaga ini. Fokus penelitian adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan target jumlah peserta didik belum tercapai, menganalisis strategi yang sudah dilakukan oleh SMK Tamtama Karanganyar dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan jumlah peserta didik. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa SMK Tamtama Karanganyar belum menjadi brand merk didaerah kebumen sehingga belum menjadi pilihan utama bagi siswa SLTP. Pelayanan terhadap peserta didik dilingkungan SMK Tamtama Karanganyar Kebumen belum optimal baik sarana, proses maupun fasilitas. Munculnya sekolah kejuruan baru dan tidak semua siswa SLTP melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta sekolah Negeri/swasta yang besar menerima siswa melebihi quota dengan dalih perluasan akses pendidikan membuat pihak sekolah semakin kesulitan untuk mencapai target peserta didik. Strategi peningkatan jumlah peserta didik terus dilakukan oleh SMK Tamtama Karanganyar Kabupaten Kebumen  melalui peningkatan sarana prasarana maupun peningkatan layanan kepada peserta didik sampai peningkatan mutu/kualitas guru. SMK Tamtama Karanganyar sebagai pusat training bagi calon karyawan PT SMT Cikarang dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi peserta didik.

 Kata kunci: Strategi meningkatkan jumlah peserta didik

 

Abstract: The background of this research is an increase in the number of students in Tamtama Karaganyar Vocational School which is still not in accordance with the target set, so there is a need for a marketing strategy for this institution. The focus of the research is to identify the factors that have caused the target number of students to be achieved, to analyze the strategies that have been carried out by the Tamtama Karanganyar Vocational School and to develop strategies to increase the number of students. This research belongs to the type of qualitative descriptive research. Data obtained using interviews, observation and document studies. The results of the study provide information that the Tamtama Karanganyar Vocational School has not become a brand in the Kebumen area so that it has not become the first choice for junior high school students. Services for students in the Tamtama Karanganyar Kebumen Vocational School are not optimal either in terms of facilities, processes or facilities. The emergence of new vocational schools and not all junior high school students continue to higher levels of education and large State / private schools accepting students exceeding the quota on the pretext of expanding access to education makes it more difficult for schools to reach the target of students. The strategy to increase the number of students continues to be undertaken by the Tamtama Karanganyar Vocational School in Kebumen Regency through the improvement of infrastructure facilities and improvement of services to students to improve the quality of teachers. Tamtama Karanganyar Vocational School as a training center for prospective employees of PT Cikarang SMT is used as a special attraction for students.Keywords: Strategies to increase the number of students

Author Biography

bambang supri yadi, SMK Negeri 1 Karanganyar kabupaten kebumen Propinsi JAwa Tengah

Guru Pemasaran SMK N 1 Karanganyar

References

Afifuddin, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2009), Hlm 160.

Buchari Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Cetakan kedelapan, Alfabeta, Bandung.

Burhan Bungin, ed. Metode Penelitian Kualitatif; Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012), hlm 95.

Haryadi, Rudi. Pengaruh Strategi Grand Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix. Semarang: Tesis Tidak Diterbitkan, 2009.

Lexy J. Moeloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, cet ke 7, 1996)

Mulyadi, D., Muslihat, A., & Priyanto, A. (2012). Analisis Strategi Pemasaran jasa Lembaga Non Bank Pada PT Oto Multiartha Karawang. Jurnal Manajemen, Vol. 09 No(2), 590–608. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/333446899_Analisis_Strategi_Pemasaran_Jasa_Lembaga_Pembiayaan_Non_Bank_Pada_PT_Oto_Multiartha_Karawang

Priangani, Ade. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global, Jurnal Kebangsaan, Vol. 2 No. 4, Juli 2013.

Sigit Suhandoyo. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif , (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, cet ke 7, 1996), hlm. 3. 2 Ibid . 1–20.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kualitatif dan R & D, (Bandung : CV Alfabeta, cet ke 13, 2011)

Ujang Sumarwan et all. 2010. Pemasaran Strategik Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja, Cetakan Pertama, IPB Press,Kampus IPB Taman Kencana Bogor.

Published

2020-03-21

Citation Check