Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di SD Muhammadiya Sagan

Penulis

  • Isra Muhlis Pascasarjana ust

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara mendalam implementasi program gerakan literasi sekolah (GLS) di sekolah dasar (SD) Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di sekolah dasar Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, Wali Kelas dan Siswa. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara dan alat bantu lainnya berupa perekam suara, kamera, serta buku catatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah dasar muhammadiyah sagan berada pada tahap pembiasaan yakni membaca 15 menit sebelum pembelajaran di mulai, perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku bacaan, memiliki pojok baca di ruang kelas, serta komitmen sekolah dalam menjalankan program GLS. (2) perencanaan gerakan literasi sekolah adalah menetapkan tujuan, identifikasi potensi, merancang dan menentukan program literasi. (3) kendala dalam implementasi program GLS adalah kesibukan guru karena mempunyai jadwal yang padat, fasilitas yang kurang memadai, sehingga murid belum secara mandiri sebagai kesadaran berliterasi. Oleh karena itu, implementasi program gerakan literasi sekolah di sekolah dasar muhammadiyah sagan perlu ditingkatkan melalui sosialisasi dan bantuan untuk menunjang program GLS serata berkelanjutan untuk mencapai tujuan program GLS. Kata kunci: implementasi, literasi sekolah

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Hamdan Husein Batubara & Dessy Noor Ariani. 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di SDN Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPSD Vol. 4 Nomor. 1.

Hamzah, Amir. 2019. METODE PENELITIAN KUALITATIF (Rekonstruksi Pemikiran Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora). CV. Literasi Nusantara Abadi. Malang.

Kawuri, Anggita Laras Tri. 2019. Kegiatan Literasi Di SD Fransiskus 1 Tanjungkarang. Skripsi. Universitas Lampung Bandarlampung.

Kemendikbud. 2016. PANDUAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH SEKOLAH DASAR. Diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Maulana Hudan Daromi. 2019. Program Peningkatan Keterampilan Literasi Pada Sekolah Unggulan Di SD Muhammadiyah 09 Kota Malang. Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang.

Moleong, Lexy J. 2018. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATI. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

PERMENDIKBUD No. 23 Tahun 2015 Tentang: Penumbuhan Budi Pekerti.

Prastika Ririt Anggraeni. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Pembiasaan Untuk Meningkatkan Karakter Gemar Membaca Di SDN Jatak Kecamatan Sukaputra Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Tesis. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiono. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Supriyoko & Mulyoto. 2019. GAGASAN DAN TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Penerbit. Lembaga Ladang Kata. Yogyakarta.

Teguh, Mulyo. 2017. GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR (Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti). Prosiding Seminar Nasional.

Wahyu, Wibowo. 2019. Pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk

Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan. Vol. 2. Nomor 2.

Wiji, Astuti Lisa. 2018. PENGELOLAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENDUKUNG KARYA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi.

Diterbitkan

2020-03-21