Manajemen Pendidikan Karakter Anak Didik Berbasis Religi di SMP Negeri Bansu Kabupaten
Abstract
Abstrak
Tujuan penulisan ini adalah mengetahui bagaimana manajemen pendidikan berbasis religius diterapkan di SMP Negeri Bansu Kabupaten Papua Barat serta mengetahui strategi manajemen sekolah dalam membangun budaya pendidikan berbasis religius kepada siswa SMP Negeri Bansu. Untuk menjawab masalah penelitian secara komprehensif, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif (Sugiyono,2014). Rancangan penelitian ini menggunakan multi kasus. Lokasi penelitian dilakukan pada SMP Negeri Bansu Kabupaten Papua Barat dengan objek penelitian adalah siswa, Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan melakukan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Manajemen yang diterapkan oleh SMP Negeri Bansu dalam pendidikan berbasis religi melalui pembelajaran mata pelajaran Agama Kristen dengan 2 jenis kegiatan yaitu ibadah disetiap hari Jumat dan kegiatan retreat bagi siswa, sedangkan strategi pendidikan karakter yang dilakukan di SMP Negeri Bansu adalah sebagai berikut 1) Keteladanan; 2) Pembelajaran; 3) Pemberdayaan dan pembudayaan; 4) Penguatan; dan 5) Penilaian. Serta untuk membangun budaya pendidikan berbasis religi adalah menetapkan standar karakter siswa, membangun budaya pendidikan berbasis religi dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah.
Kata kunci : Manajemen, Berbasis religi, SMP Negeri Bansu, Papua Barat