MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMPN 1 TOBELO
Abstract
Program pendamping yang membantu proses kedisiplinan para siswa yaitu kegiatan ekstrakurikuler berbasis pramuka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui program-program pramuka SMP Negeri 1 Tobelo, mengetahui manajemen yang terjadi saat ini serta mengetahui program pramuka yang dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus yang bertempat di SMPN 1 Tobelo. Sumber data meliputi kepala sekolah,  koordinator pramuka, pembina ekstrakurikuler pramuka, dan peserta didik. program kegiatan pramuka di SMPN 1 Tobelo dapat dibagi menjadi 2 program yaitu program yang dilaksnakan di dalam ruangan dan di luar ruangan (lapangan) yang terdiri atas 10 program kegiatan pramuka. Manajemen program kegiatan pramuka dilaksanakan berdasarkan sistem manajemen yaitu POACE yaitu Planning, Organization, Actuating, Contolling dan Evaluating. Namun dalam aplikasinya belumlah berjalan secara baik dan konsisten karena ditemui beberapa masalah internal (dalam sekolah) dan ekternal (orang tua).Program kegiatan pramuka       sangat membantu proses perubahan karakter siswa di SMPN 1 Tobelo, hal ini terlihat dari hasil wawancara dengan para Pembina pramuka dan siswa selaku pelaku dimana siswa menyatakan secara jujur bahwa terjadi perubahan dalam dirinya terkait dengan disiplin.
Kata Kunci : Disiplin, Karakter, Berbasis Pramuka, SMPN 1 Tobelo