PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • mateus solo lion Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract

Abstrak: Tujuan umum penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelam Permai Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kelam Permai dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kelam Permai Tahun Pelajaran 2018/2019 dan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan total 46 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, soal tes, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengukuran akhir (post-test) kelas eksperimen lebih tinggi (79,0417) daripada kelas kontrol (75,0455). Hasil uji hipotesis diperoleh dalam perhitungan Asymp Sig (0,03) < Taraf Sig (0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelam Permai Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Teks Eksposisi

Published

2020-03-21

Citation Check