PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL DI SMK PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • Widiatmoko Herbimo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan keuntungan pengembangan laboratorium virtual dalam menyelesaikan permasalahan belajar yang dialami oleh peserta didik, maupun dalam mengatasi permasalahan biaya dalam pengadaan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan praktikum bagi SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan studi kepustakaan, dimana penelitian ini selain menggunakan kajian analisis berbagai literatur, juga menggunakan beberapa kajian analisis dengan mengambil dari beberapa contoh praktik di kelas. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah laboratorium virtual dan semua elemen yang berkaitan dengan pengembangan laboratorium virtual di SMK Negeri 4. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pengembangan laboratorium virtual sudah dilaksanakan dengan baik, meliputi tahapan  menetapkan dibangunnya aplikasi laboratorium virtual dan faktor kelayakannya. Pelaksanaan laboratorium virtual sudah dilaksanakan dengan baik, salah satunya dimanfaatkan sebagai pengganti latihan praktek untuk mengejar materi yang wajib didapatkan di kelas XI. Evaluasi laboratorium virtual dilakukan dilakukan dengan melibatkan Kepala Sekolah, WKS Kurikulum, WKS Sarpra, dan semua Ketua Kompetensi Keahlian. Kendala yang dihadapi terkait laboratorium virtual di SMK Negeri 4 Yogyakarta, hanya sedikit yaitu tentang penggunaan kuota data internet peserta didik pada saat penggunaan aplikasi.

Kata kunci: Laboratorium Virtual, SMK Negeri 4 Yogyakarta, Metode Kualitatif dan Studi Kepustakaan 

Biografi Penulis

Widiatmoko Herbimo

Guru SMK Negeri 4 Yogyakarta

Referensi

Daftar Pustaka

S. Margono (2000), Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi (2000), Metodologi Research jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasan, M. Iqbal (2002), Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noeng Muhadjir (2002), Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rake Sarasin.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Lexy J. Moleong (2009), Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Rusman, D.K dan Cepi R. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Moh Nazir (2016), Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Mujisuciningtyas, Nunuk. 2014. Pengaruh kemandirian belajar dan sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di kelas XII SMK Negeri 2 Tuban Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan Vol. 2. No. 1

Malik, Muh. N. dan Hasanah. 2015. Evaluasi praktik kerja industri Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal penelitian pendidikan INSANI, Volume 18, Nomor 2, hlm. 82-91.

Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, Catur Iswahyudi, Erma Susanti. (2015). Pengembangan Model Laboratorium Virtual Sebagai Solusi Keterbatasan Sumber Daya Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 15 November 2015. ISSN: 1979-911X

Susanti, Erni. 2017. Korelasi tingkat pendidikan orang tua dan pola asuh terhadap kemandirian anak dalam keluarga. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Edisi Vol VI Nomor 01.

Suid. 2017. Analisis kemandirian siswa dalam proses pembelajaran melalui lesson study di kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 1 No.5, hlm. 70–81

Puspita, Rani. (2018). Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008. ISSN : 1411-6286.

Hendra Jaya. (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2 No. 2, hl, 75-85

Kusumawati Dwiningsih, Sukarmin, Muchlis dan Pipit Tri Rahma. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Di Era Global. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol: 06/02 Desember 2018. ISSN: 2338-9184.

Diterbitkan

2020-03-21