Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Komik Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Miftachudin M SD Negeri Kedungwaru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajar tematik khususnya menulis deskripsi tokoh cerita siswa Sekolah Dasar Kelas V melalui media komik digital. Adanya komik digital ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dan menghilangkan rasa jenuh dan takut bagi anak-anak untuk belajar menulis deskripsi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kedungwaru dan SD Negeri Kalisana. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada Borg & Gall. Populasi yang digunakan dalam penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Kedungwaru dan SD Negeri Kalisana. Subjek dalam penelitian adalah 54 (lima puluh empat) siswa dengan perincian 22 (dua puluh dua) siswa dari kelas V SD Negeri Kedungwaru dan 32 (tiga puluh dua) siswa kelas V dari SD Negeri Kalisana. Data dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur, tes, dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) kondisi dan potensi awal sangat memungkinkan dan mendukung dilakukan pengembangan media pembelajaran tematik berbasis komik digital, 2) proses pengembangan media pembelajaran tematik berbasis komik digital melalui lima tahap yaitu, studi pendahuluan, desain pembelajaran, desain dan pengembangan media, ujicoba dan revisi produk, dan produk akhir, 3) spesifikasi komik digital, mudah digunakan, bersifat komplemen dan suplemen, 4) komik digital lebih efektif dibandingkan buku paket bergambar dengan nilai uji-t = 1,03;

Referensi

Borg, W.R. & Gall, J.P., Gall, M.D. 2003. Educational Research, An Introduction. (edisi 7). Boston: Pearson Education Inc.

Hadi dan Dwijananti, 2015. Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas, Unnes Physics Education Journal.

Istova, Mika dan Hartati, Tatat. 2016. Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD 2 (1)

McCloud, Scott. 2002. Understanding Comics, Memahami Komik. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gamedia).

Primandita, Hayyu., Indrojarwo, Baroto Tavip. 2016. Perancangan Komik Digital Interaktif Tentang Srikandi: Sandika. Jurnal Sains dan Seni. 5 (2) ITS.

Puspitorini, Retno., A.K. Prodjosantoso, Bambang Subali, dan Jumadi. 2014. Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi, Hasil Belajar Kognitif, dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Oktober 2014, Th. XXXIII (3).

Richey, R.C and Klein J.D. 2007. Design and Development Research Methods,

Strategies, and. Issues. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Sudjana, Rivai. 2009. Media pengajaran. Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Sinar

Baru Algensindo.

Diterbitkan

2020-03-21