PENERAPAN “POJOK LITERASI†UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF SISWA KELAS VIIIA
Abstract
Penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Bandongan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan rincian setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan.Dalam siklus I, siswa melaksanakan pembelajaran IPA materi zat aditif. Sedangkan pada siklus II siswa melakukan pembelajaran IPA materi zat adiktif. Pada kedua siklus tersebut siswa melakukan pembelajaran di “Pojok Literasiâ€. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian, pada siklus I mendapat rata-rata 74,56 dan pada siklus II adalah 84,94. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan “Pojok Literasi†dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Bandongan.
Published
2020-03-21
Issue
Section
Artikel