Pengembangan Media Papan Permutasi Mata Pelajaran Matematika SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan permutasi materi peluang mata pelajaran matematika bagi siswa SMK kelas XI SMK. Jenis penelitian adalah Research and Development melalui model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementaion, Evaluation) dengan lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi hasil pengembangan dan evaluasi produk dengan uji coba produk untuk keperluan revisi media. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Uji efektivitas dilakukan pada 28 siswa sebagai kelas kontrol dan 29 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian pengembangan alat peraga papan permutasi memperoleh hasil rerata nilai kelayan produk sebesar: 1) 3,6 oleh ahli materi; 2) 3,68 oleh ahli media; 3) 3,2 oleh pengguna. Uji efektivitas pada kelas eksperimen memperoleh rerata nilai hasil evaluasi 91% siswa mencapai KKM dan pada kelas kontrol pencapaian KKM sebesar 71% dengan batas KKM 75,00. Hal ini menunjukkan  bahwa pengembangan media papan permutasi valid dan praktis sehingga layak digunakan untuk alat peraga pembelajaran matematika kompetensi peluang kelas XI SMK.
Kata Kunci: papan permutasi, peluang
References
Ahmad, dkkPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. 2017. Jurnal Mosharafa, Volume 6, Nomor 3
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aji Arif Nugroho, R. W. Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. 2017. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, Hal. 197-204.
Annisah, S. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. 2014. Jurnal Tarbawiyah, Vol 10, No 1, Hal:2.
Ari Indriani. Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Peluang. ï¤elta ï„ jurnal pendidikan matematika Vol 7 No 1 Januari 2019 hal 49 – 56, 2019.
As’ari, A. R., dkk. 2017. Matematika: Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Iryanto, Yus A dan Majid. 2015. Pelatihan pembuatan alat peraga manual matematika magi Guru-Guru SD se – kecamatan Atinggola. Gorontalo: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.
Fujiati, I. Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 2014. Unnes journal of mathematics education, Vol. 3, No.3.
I Budi Hartanto. 2015, Movie maker sebagai media pembelajaran. Harian Bernas, 17 oktober 2015. Hal. 4. Jakarta: Referensi Jakarta.
Masykur, Rubhana, Nofrizal, and Muhammad Syazali. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flas. 2017. Jurnal Al-Jabar: Jurnal pendidikan matematika, Vol. 2, No. 8 , hal. 177–86.
Murdiyanto, T & Mahatma. Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa. 2014. Jurnal Sarwahita, Vol 11, No1, hal 38.
Nugroho, Aji Arif, Rizki Wahyu Yunian putra, and Muhammad Syazali, Pengemangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika, Jurnal Al Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2, No 8.
Priambodo, A. S. Keefektifan Model Learning Cycle Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 2014. Unnes journal of mathematics education, Vol 3, No 2.
Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan dimensi tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal ilmiah pendidikan matematika, Vol 3, No 2, hal 398–416, 2015.
Setyadi D.& Kohhar. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Web pada materi Barisan dan Deret. 2017. Jurnal Kreano, Vol 8, No 1, hal 1 – 7.
Setyowati, Nining, Bambang Eko Susilo, Masrukan. 2016. Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. 2016. Jurnal Kreano Volume 7 No 1 Hal 24-30.
Sohibun, Filza dan Yulina Ade. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. 2017. Tadris:Jurnal keguruan dan ilmu tarbiyah. Vol.2. No.2.
Sulaiman. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Konsep Geometri Pada Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. 2015. Jurnal e-Dumath Vol 1 No 2, Hal 106-113.
Sundayana, R. 2016. Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.
Sutarti, T., & Irawan, E. 2017. Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Suwardi,.Firniana.E.M,.&Rohayati. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika. 2014. Jurnal Al-Azhar Indonesia seri humaniora, Vol 2, No 4, Hal: 298.
Untari, Erny. 2014. Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahanpada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Stkipngawi.ac.id/index.php/ p/article/viewFile/ 28/pdf_8.
ẟELT∆ Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 Januari 2019 Hal 49 – 56
ẟELT∆ Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 Januari 2019 Hal 49 – 56
Yanti,W. Hartono,Y,.& Somakin. Desain Pembelajaran Peluang Dengan Pendeatan PMRI Menggunaan Kupon Undian, Maju. 2016. jurnal pendidikan matematika, Vol 1, No 1, Hal:18-36.
Yusmin, E., Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). 2017. Jurnal Visi ilmu pendidikan, Vol 1, No. 1 hal. 2134-2135.
Zainiah, R., & Rijanto, T. 2016. Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi dan simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel instalasi penerangan listrik di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Unesa, Vol 5, No 202, Hal: 515–522.