Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Komunikatif dan Apresiatif

Penulis

  • Retno Dwi Wiranti SD Negeri Kaliduren, Sleman

Abstrak

Pembelajaran menulis cerpen penting bagi siswa karena cerpen dapat dijadikan sebagai sarana untuk berimajinasi dan menuangkan pikiran. Kemampuan menulis cerpen yang dimiliki setiap siswa tidaklah sama. Sebagian siswa mampu menulis cerpen dengan baik dan sebagian siswa yang lain masih belum mampu menulis cerpen dengan baik. Kondisi ini diperburuk dengan rendahnya minat menulis siswa. Dan rendahnya minat menulis disebabkan karena rendahkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode komunikatif dan apresiatif dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas V SDN Kaliduren. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerpen dapat dilihat dari peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis cerpen. Pada akhir siklus satu terjadi peningkatan sebesar  49,06%  dengan prosentase ketuntasan 83,33%. Siklus kedua menunjukkan hasil terjadi peningkatan sebesar 62,26% dan prosentase ketuntasan 91,67%. Sehingga penggunaan metode komunikatif dan apresiatif mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas V SD Negeri Kaliduren.

Diterbitkan

2020-03-21