Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa SD

Penulis

  • Yunita Kumalasari SD N KOTAGEDE 5

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD N Kotagede 5. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD N Kotagede 5 yang berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan siswa kelas 4 SD N Kotagede 1 sebanyak 25 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Nilai rata-rata pre test di kelas eksperimen yaitu 65,2 dan nilai rata-rata post test 76,2. Sedangkan, untuk kelas kontrol nilai rata-rata pre test 63,6 dan nilai rata-rata post test 66,6.  Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan hasil thitung = 2,974 sedangkan ttabel = 2,060. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD N Kotagede 5.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, jigsaw, hasil belajar

Diterbitkan

2020-03-21