Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Quizizz†dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris
Abstract
Abstrak: Penelitian ini ditulis guna mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan  Aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Rendahnya motivasi siswa belajar bahasa Inggris menjadi latar belakang penelitian ini.  Berdasarkan permasalahan yang diajukan tersebut, maka hipotesis yang muncul adalah: Ada pengaruh penggunaan aplikasi quizizz dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel kelas XI Akuntasi 2 SMK N 1 Nglipar sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes (angket) Hipotesi diuji menggunakan analisis regresi diawali dengan melakukan estimasi model, dilakukan secara sekaligus dengan pengujian asumsi klasik (multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas), uji kelayakan/keterandalan  model atau uji F dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis, dari hasil analisis uji t diketahui ada pengaruh signifikan. Dibuktikan dengan perhitungan uji t yaitu Nilai prob. t hitung dari variabel bebas penggunaan aplikasi quizizz  sebesar (0,000) yang lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel bebas penggunaan aplikasi quizizz berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat peningkatan motivasi untuk belajar bahasa Inggris pada α = 5% atau pada taraf keyakinan 95%.  Persamaan regresi : Y’ = 12.936 + 0.847X .  dimana Y merupakan variabel terikat, peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris ,12.936  konstanta, 0.847 koefisien regresi variabel bebas  X, dari hasil uji t dapat disimpulkan, terdapat pengaruh antara variabel Y terhadap variabel X. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa kemampuan penggunaan aplikasi quizizz memberi kontribusi  terhadap peningkatan motivasi untuk belajar bahasa Inggris sebesar 68,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Â
Kata kunci: Aplikasi Quizizz, Motivasi
Â
Abstract: This research was written to find out how much influence the use of the Quizizz Application in increasing student motivation to learn English. The low motivation of students learning English is the background of this study. Based on the problems raised, the hypotheses that emerge are: There is an influence of using the application of quizizz in increasing students' motivation to learn English. Sampling using random sampling with a sample of class XI Accounting 2 SMK N 1 Nglipar as many as 32 students. The data of this study were collected by test and non-test techniques (questionnaire) Hypotheses were tested using regression analysis starting with estimating the model, carried out simultaneously with testing classical assumptions (multicollinearity, autocorrelation, heteroscedasticity and normality), the feasibility / reliability test of the model or the F test with F using the SPSS program. Based on the results of the analysis, the results of the t test analysis revealed a significant effect. Evidenced by the calculation of the t test is the value of prob. t count of the independent variable quizizz application use (0,000) which is smaller than 0.05 so it can be said that the independent variable quizizz application use has a significant effect on the dependent variable increased motivation to learn English at α = 5% or at 95% confidence level . Regression equation: Y '= 12,936 + 0.847X. where Y is the dependent variable, an increase in English learning motivation, 12,936 constants, 0.847 regression coefficient of the independent variable X, from the results of the t test can be concluded, there is an influence between the Y variable on the X variable. contributed to an increase in motivation to learn English by 68.6% and the rest was influenced by other factors.
Keywords: Quizizz aplication, motivation
References
Daftar Pustaka (Font 14, Bold, Rata Kiri)
Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019, September). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ BERBASIS SMARTPHONE DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (pp. 362-368).
Priyanti, N. W. I., Santosa, M. H., & Dewi, K. S. (2019). EFFECT OF QUIZIZZ TOWARDS THE ELEVENTH-GRADE ENGLISH STUDENTS’READING COMPREHENSION IN MOBILE LEARNING CONTEXT. Language and Education Journal Undiksha, 2(2), 71-80.
Fauziyyah, U. (2019). PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PKN (Quasy Experiment di SMA Negeri 1 Majalaya Kab. Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Juniarta, P. A. K. (2019). PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. PRASI, 14(02), 10-19.
Aini, Y. I. (2019). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ UNTUK PEMBELAJARAN JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI BENGKULU. Kependidikan, 2(25).
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Wuitt,W.(2001). Motivation To Learn. An Overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University.
Damin, Sudarman. (2004). Inovasi Pedididkan. Bandung: Pustaka Setia
Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Belajar. Bandung: CV Wahana Prima
Guhlin, Miguel. 2016. Gamifying Learning With Quizizz. https://blog.tcea.Org. diunduh 10 April 2019