Penerapan Trilogi Kepemimpinan dalam Membangun PAUD Berkualitas pada Taman Indria

Authors

  • antun suratmi Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Propinsi DIY, Indonesia

Abstract

Abstrak: Pendididan Anak Usia Dini) PAUD Berkualitas berperan dalam mewujudkan Generasi Emas Tahun 2045. Nilai-nilai  luhur ketamansiswaan, dalam Trilogi Kepemimpinan yaitu Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani   memiliki relevansi dalam mempersiapkan generasi emas. Penelitian ini diharapahkan dapat menggambarkan penerapan Trilogi Kepemimpinan. Tujuan penelitian ini memberikan gambaran bagaimana guru/pamong dalam menerapkan Trilogi Kepememimpinan. Alasan pemilihan judul ini adalah karena pamong memiliki peran yang sentral dalam penerapan niali-nilai Trilogi Kepemimpinan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari 2020 Tempat penelitian adalah di  Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta, Propinsi DIY. Metode penelitian ini disusun sebagai berikut: (1) jenis penelitian dan pendekatan metodologi, (2) waktu dan tempat penelitian, (3) Target/Subjek Penelitian, (4) Prosedur, (5) data, instrument, dan teknik pengumpulan yang digunakan, (6) analisis data dan representasi (7) kriteria kepercayaan dan keaslian, dan (8) reflektivitas peneliti. Hasil penelitian ini adalah: (1) Konsep Trilogi Kepemimpinan Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani dipegang  teguh oleh para pamong di Taman Indria (2) Penerapan nilai-nilai Trilogi Kepemimpinan dalam pembelajaran dimulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penilaian, menunjukkan layanan satuan pendidikan berkualitas (3) Dampak penenerapan nilai Trilogi Kepemimpinan juga tampak pada perilaku anak.

 

                    Kata kunci: Penerapan, Trilogi Kepemimpinan, PAUD Berkualitas,

 

Abstract: Early Childhood Education) Quality PAUD plays a role in realizing the Golden Generation in 2045. The noble values of students, in the Leadership Trilogy namely Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, and Tut Wuri Handayani have relevance in preparing the golden generation. This research is expected to illustrate the application of the Leadership Trilogy. The purpose of this study is to describe how the teacher / tutor in implementing the Leadership Trilogy. The reason for choosing this title is that pamong has a central role in the application of the Leadership Trilogy values. This research use desciptive qualitative approach. The study was conducted in February 2020 Research site in Taman Indria Ibu Pawiyatan in Yogyakarta, DIY Province. This research method is structured as follows: (1) type of research and methodology approach, (2) time and place of research, (3) Target / Research Subject, (4) Procedures, (5) data, instruments, and collection techniques used, (6) data analysis (7) criteria for trust and authenticity, and (8) researcher reflectivity. The results of this study are: (1) The Concept of Leadership Trilogy of Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, and Tut Wuri Handayani are held firmly by the officials in Taman Indria (2) The application of the Leadership Trilogy values in learning ranging from planning, implementation to with assessment, showing as a service of quality education units (3) The impact of applying the value of the Leadership Trilogy also appears on children's behavior

 

Keywords: Implementation, Leadership Trilogy, Quality PAUD

Author Biography

antun suratmi, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Propinsi DIY

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Propinsi DIY

Penata Tingkat I / III-d

References

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. J. 2017. Metodologi penelitian Kualitatif. Ed. Rev. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014, tentang Kurikulum PAUD 2013

Retnaningsih, Rahayu. 2019. Pengintegrasian Nilai-Nilai Luhur Tamansiswa di Sekolah Tamansiswa: Suatu Pendekatan Fenomenologi. Disertasi. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2019.

Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa

http://yudha-tkjtamsis2.blogspot.com/2012/06/sejarah-ki-hajar-dewantoro-mendirikan.html. Diunduh 19 Pebruari 2020, pukul 05.08

https://covesia.com/archipelago/baca/52636/mengulik-sejarah-ki-hadjar-dewantara-tokoh-pendidikan-indonesia. Diunduh 19 Pebruari 2020, pukul 04.00.

https://jurnal.unimed.ac.id › index.php › article › download. Diunduh 18 Pebruari 2020, pukul 12.03

http://demografibonus.blogspot.com/2015/08/pengertian-bonus-demografi.html ). Diunduh 18 Pebruari 2020, pukul 18.25.

https://tamanindriaipts.wordpress.com/ Diakses tanggal 22 Pebruari 2020, pukul 13.08)

Published

2020-03-21

Citation Check