Pengembangan Materi Membaca dalam Bahasa Inggris Menggunakan HOTs untuk Kelas XI SMK Muhammadiyah Turi Sleman

Penulis

  • Sonny Irawan Putra PT Intan Pariwara

Abstrak

Penelitian ini mencoba mengembangkan materi bacaan menggunakan HOTs untuk siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Turi Sleman serta untuk mengetahui keberhasilan penerapan materi bacaan ini di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode belajar penelitian dan pengembangan. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Turi Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Jolly dan Bolitho yang dikutip dari Tomlinson (1998). Tahapan yang digunakan pada penelitian ini dimulai dengan melaksanakan need analysis, mengembangkan course grid, mengembangkan draft pertama dari materi yang disusun, melakukan evaluasi materi oleh pakar (expert judgment), menuliskan draft materi final, dan mengujicobakan materi. Metode perolehan data di penelitian ini menggunakan dua kuesioner. Kuesioner pertama ialah untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam tahap need analysis. Kuesioner kedua digunakan untuk mendapatkan data kelayakan materi yang dikembangkan melalui expert judgment. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan deskripsi statistik. Penelitian ini menemukan bahwa materi yang dikembangkan memenuhi kriteria metode penelitian dan pengembangan. Hal ini penting untuk dapat menyajikan materi bacaan tambahan untuk siswa kelas XI yaitu berupa jenis-jenis teks dengan topik yang ada di sekitar mereka terutama untuk bidang kejuruan (sekolah, hewan peliharaan, pekerjaan di masa mendatang, dan hal lain di lingkungan sekitar).

Biografi Penulis

Sonny Irawan Putra, PT Intan Pariwara

Editor Bahasa Inggris

Referensi

Darwono. (2019, November 24). Higher Order Thinking Skills Guru. Retrieved from Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/darwonogurukita/5836d9dd537b610c0b8e6d20./higher-order-thinking-skills-guru

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Grabe, W. (2009). Reading in Second Language: Moving from Theory to Practice. New York: Cambridge University Press.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, a. M. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, 121-125.

Kusuma, I. P. (2016). Developing Reading Material For Elementary Students In Tourism Area By Inserting Local Culture. Journal of English Education and Linguistics Studies, 114-115.

Liems, K., Miller, L. D., & Soro, T. M. (2010). Teaching Reading to English Language Learners: Insights from Linguistics. New York: The Guilford Press.

Mashita, F. (2012, April 20). Blog Kompasiana. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/firlymashita/550ff090a33311bf37ba7e51/meningkatkan-minat-baca-di-kalangan%20-pelajar

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum.

Puspaningstyas, N. A. (2018). Peningkatan HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada Pembelajaran EKonomi Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Risangkusumo, W. (2015). Developing Reading Learning Materials for year XI Students of Computer Engineering and Networking Department at SMKN 1 Sedayu. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Rajawali Pres.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: Smile's Publishing.

Timorence, N. (2017). Developing Supplementary Writing Materials Based on "When English Rings a Bell" Textbook for First Grade Students of SMP Negeri 2 Lendah Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Tomlinson, B. (1998). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Widodo, T. &. (2013). High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2020-03-21