Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Pengembangan Ketrampilan Berfikir Kritis Pada Materi Hidrolisis Garam
Abstract
Abstrak:Â Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa serta hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuri terbimbing pada mata pelajaran kimia materi pokok Hidrolisis Garam. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Gombong. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket keterampilan berpikir kritis dan lembar tes hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian Pre Eksperimen (pre experimental design) dengan pola One Shot Case Study, di mana suatu kelompok diberi perlakuan dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Keberhasilan pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing dalam pengembangan ketrampilan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan dengan hasil skor yang dianalisis dengan cara menghitung skor persentase berpikir kritis dan kenaikan hasil belajar yang dibandingkan dengan hasil belajar pada materi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu dalam kategori sangat baik, 77,0% serta terjadi kenaikan hasil belajar sebesar 14,88%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar, Hidrolisis Garam.
Â
Abstract: This study aims to determine student responses to the application of guided incur learning models in the development of critical thinking skills of students as well as student learning outcomes after applying guided incur learning models to the subject matter of Salt Hydrolysis. The research objectives were students of class XI IPA-2 of SMA Negeri 1 Gombong. The research instrument used was a questionnaire on critical thinking skills and student learning outcomes test sheets. The research design that will be used is the Pre Experimental Research (pre experimental design) with the One Shot Case Study pattern, where a group is given treatment and then the results are observed. The success of learning with the guided inquiry method in developing students' critical thinking skills is shown by the results of the scores analyzed by calculating the percentage of critical thinking scores and increasing learning outcomes compared with the learning outcomes in the previous material. The results showed that students gave a positive response to the application of the guided inquiry learning model in the excellent category, 77.0% and an increase in learning outcomes of 14.88%.
Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Critical Thinking Skills, Learning Outcomes, Salt Hydrolysis.References
Daftar Pustaka
Agustin, Uswatun Hasanah Agustin & Muchlis .2015. Penerapan model pembelajaran inkuiriuntuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 1 Tuban. Unesa journal of chemical education Vol.4, No.1, pp.41-48, ISSN:2252-9454 41. halaman 41- 48
Erna, M., Rery, R. U., & Astuti, W. 2018. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia di sma pekanbaru melalui penerapan strategi pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil). Jurnal riset pendidikan kimia, 2018, Vol. 8, No. 1 .halaman 17-27.
Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Fisher, Alec. (2008). Critical Thinnking: An Introduction. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Terjemahan Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.
Hidayah, M., Syafi, W., & Fauziah, Y. 2018. Implementasi lembar kerja peserta didik (lkpd) berorientasi model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 4 SMAN 9 Pekanbaru. Jom fkip – ur volume5. halaman1–14.
Ilaah, Yuny Faidlul dan Yonata , Bertha .2015. Keterampilan berpikir kritis siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya pada materi laju reaksi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Unesa journal of chemical education ISSN: 2252-9454 Vol. 1, No. 1. halaman 78-83.
Jacobsen, D.A., Eggen, P., dan Kauchak, P. 2009. Methods for Teaching (Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA) Edisi ke-8. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi pokok asam-basa di kelas XI SMAN 1 Bojonegoro. Unesa journal of chemical education ISSN: 2252-9454 Vol. 3, No. 03, halaman 1-7
Mayasri, Adan., & Rahmayani, Ratu fazli I .2019. Perbandingan model pembelajaran problem based learning dan guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi laju reaksi. Journal of Education Science (JES), 5 (1). halaman 57–69
Nurrauf , Lutfhi, Nurlaelah, Ilah & Setiawati , Ina .2018. Penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan biologi p-ISSN 1907-3089, e-ISSN2651-5869 Volume 10, Nomor 2, halaman 33-38.
Rafiqa, Tjandrakirana, & Soetjipto. 2017. Penerapan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing (guided inquiry) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Journal of biology education 6 (3). halaman 265-273.
Rahmawati , Ana Silfiani. 2019. Pengaruh pembelajaran stad dan inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah di SMA . Pancasakti science education journal psej Volume 4 Nomor 1. Halaman 35 - 45