PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SDN 7 KEBUMEN
Abstract
ABSTRAK
Supervisi pembelajaran diperlukan guru agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan profesional. Kepala sekolah sebagai manager sekolah memiliki peran strategis dalam meningkatkan kemampuan profesional guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: program supervisi, pelaksanaan supervisi, dan kendala yang ditemui kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan profesional guru di SD Negeri 7 Kebumen, dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah  guru SD negeri 7 Kebumen Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program supervisi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru disusun oleh kepala sekolah dan terdokumentasi, yang meliputi program kerja tahunan dan semesteran. Hal ini berdampak positif terhadap keefektifan proses pembelajaran. Kepala sekolah sebagai supervisor melaksanakan kegiatan supervisi, mengadakan pembinaan, membimbing, dan mengarahkan guru untuk peningkatan kegiatan pembelajaran. 2) Pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah mengarah pada upaya peningkatan kompetensi profesional guru. Kegiatan supervisi yang dilaksanakan meliputi bimbingan kelas, observasi kelas, dan kunjungan kelas. Kegiatan ini berdampak positif bagi guru karena mampu meningkatkan motivasi untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum mengajar. 3) Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan supervisi adalah keterbatasan waktu bagi kepala sekolah untuk menentukan jadwal supervisi, masih ada sebagian guru kurang mendukung kegiatan supervisi pembelajaran..
Kata kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Profesional Guru
References
Bafadal,Ibrahim(2007).SupervisiPengajaran:TeoridanAplikasinyadalamMembinaProfesional Guru, Jakarta: Bumdan i Aksara.
Burhanuddin, Yusak (2007). Kepemimpinan. Bandung: Karya Nusantara.
Daryanto, M. (2007). Pengantar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hariwung, A.J. (2006). Supervisi Pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta:Dirjen Dikti P2LPTK.
Makawimbang, Jerry H.(2011).Supervisi danPeningkatanMutuPendidikanBandung: Alfabeta.
Moleong Lexy, J (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Administrasi dan Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Murniati A.R. (2008). Manajemen Stratejik Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan.Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Musanef (2007). Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Jakarta: Haji Masagung.
Muslim, Sri Banun (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru.Bandung: Alfabeta.
Notowijoyo (2007). Manajemen Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: BPFE. Pidarta, Made, (2006). Penilaian Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara. Sahertian, Piet dan Mataheru (2007). Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program InserviceEducation, Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala Syaiful . 2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung . Alfabeta.
Samani (2007). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Siagian, S.P. (2006). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Siahaan,Amiruddin dkk. (2006). Manajemen Pengawas Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching.
Sutisna, Oteng (2007). AdministrasiPendidikan Dasar Teoritis dan Praktek Profesional,Bandung: Angkasa.
Usman, Moch. Uzer. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Usman, Nasir (2007). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Mutiara Ilmu.