UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MEMAHAMI TEXT “ANALYTICAL EXPOSITION†MELALUI METODE DRILL KOSAKATA BAGI SISWA KELAS XI IPA.2
Abstract
Abstrak
Penerapan Metode Drill dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode drill dalam peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul, (2) mengetahui seberapa efektif penerapan metode drill dalam peningkatan penguasan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul. Penelitian ini bersifat kualitatif, mengambil lokasi di XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul Tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul yang berjumlah 23 orang terdiri dari 6 orang siswa putra dan 17 orang siswi putri. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, lembar soal pre-test, post-test dan evaluasi. Tahap analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan teori-teri dan konsep-konsep yang besifat umum dan terkait dengan fakta untuk mengoreksi atau menyelidiki persoalan tersebut. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi perencanaan (planing), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan dua kesimpulan utama : (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. (2) setelah diterapkannya metode drill dengan model latihan yang bervariasi dan tidak monoton dalam pembelajaran bahasa , penguasaan kosa kata siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre-test dan post-test pada siklus I meningkat dari 80,04 menjadi 82,08. Pada siklus II nilai rata-rata pre-test dan post-test meningkat dari 88,43 menjadi 90,00. Dari peningkatan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan metode drill dengan model latihan yang bervariasi dan tidak monoton sangat efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa.
Kata Kunci: Metode drill, kosa kata dan efektif.
Â
Abstract
The Application of Method Drill in Enhancing English Vocabulary Vocabulary in Grade XI  Science.2.  This aims of this research are ( I ) knowing the implementation of the drill method in increasing the mastery of English language students in class XI MIPA 2 of SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul. (2) knowing how effective the application of the drill method is in increasing the mastery of English vocabulary of students in class XI MIPA 2 of SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul. This study is a qualitative study, taking place in the XI MIPA 2 Senior High School 2 Playen Gunungkidul in the academic year 2017/2018. This research is important for the Action Class Research (PTK) 6 male students and 17 female students.Collection of data using observation sheets, documentation, pre-test, post-test and evaluation sheets Data analysis stage is done by collecting data which is obtained and then analyzed by theory and concepts. Throug this research includes planning (planing), action (action), osbservation (observing), and reflection (refleuting).  The results of this study indicate two main conclusions: (1 ) the implementation of this class action research was carried out in two cycles, each cycle in 2 time teaching process. (2) after applying the drill method with varied and not monotonous training models in language learning, students' vocabulary mastery experiences improvement. This can be seen in the average value of pre-test and post-test in the first cycle increased from 80.04 to 82.08 and in the second cycle the average value of pro-test and post-test increased from 88.43 to 97.00. From this increase it can be said that the application of the drill method with a varied and non-monotonous training model is very effective to improve use of students` English vocabulary.
Keywords : drill, method, vocabulary and effective
References
Ahmad Sugeng, Efendi, Ahmad Doddy, Emy Hanifa, Wargas Sastra Tahun 2006, Buku Paket Grafindo. 2.
Zummakhsin, Yulia Mufarichah, tahun 2007, Buku Paket Progress 3.
Suharsimi Arikonto, Suhhardjono, dkk. 20017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara. 4.
Suharsimi Arikonto. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Th.M.Sudarwati, 2006. Look Ahead 3 An English Cours For Senior Itigh Scool Student Yesr X
Djamarah, S. B dan A. Zaim. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sharon. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. Eighth Edition. Merril Prentice Hall.