Evaluasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 1

Penulis

  • Irwan Patromi Pentor Mahasiswa Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan UST

Abstrak

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui  gambaran pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah melaksanakan fungsinya dalam meningkatkan mutu sekolah, 2) Untuk mengetahui bagaimana prestasi sekolah dapat dicapai, 3) mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data  penelitian adalah para guru di SD Negeri Caturtunggal 1 Yogyakarta. Hasil penelitian yaitu: 1) Peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 1 ditentukan bagaimana kepala sekolah dapat memimpin sekolah serta kemampuan dalam menetapkan Visi, Misi, Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 1, Strategi, dan Sasaran tepat sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. 2) Peningkatan mutu kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sangat ditentukan motivasi diri kepala sekolah serta bagaimana bisa mengelola Input Pembelajaran, menyelenggarakan Proses Pembelajaran, menghasilkan Output Pembelajaran. 3) Kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri Caturtunggal 1 menghadapi kendala atau hambatan yang di hadapi dalam mewujudkan mutu pendidikan.

Kata Kunci : Evaluasi Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Biografi Penulis

Irwan Patromi Pentor, Mahasiswa Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan UST

Pacasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Referensi

Arbangi,dkk, 2016. Manajemen mutu pendidikan. Jakatra: kencana

Budiarsa, Endra. 2017. Analisis gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan keterbatasan animo siswa, Surakrta

Kompri, 2017. Standarisasi kopetensi kepala sekolah. Jakarta: Kencana

Riyanto, Fajar. 2016. Keterampilan kepemimpinan kepala sekolah dan strategi dalam peningkatan mutu sekolah

Emzir. 2017. Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Depok: Rajawali Pers

Mulyasa. 2007. Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyu sumindo. 2017. Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

idayah, Nurul. 2016. Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.yogyakrta:Ar-Ruzz Media

Syaiful. 2017. Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung:Alfabeta

Diterbitkan

2020-03-21