Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMK Muhammadiyah Karangmojo

Penulis

  • anik nur khayati

Abstrak

Abstrak: Kebutuhan dan gaya hidup masyarakat pada era sekarang menimbulkan munculnya perkembangan dalam berbagai bidang salah satunya teknologi. Perubahan dalam pola pembelajaran dibutuhkan untuk melakukan pembaruan mengikuti dinamika perubahan zaman yang semakin cepat yang dipicu oleh perkembangan teknologi. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif untuk menganalisis serta memaparkan bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disampaikan bahwa paradigma guru ketika memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran meliputi penggunaan media presentasi dengan slide power point oleh hampir semua guru, penggunaan internet berupa website untuk mencari informasi tambahan seputar materi yang disampaikan dan E-mail untuk mengirimkan tugas oleh sebagian besar guru serta pemanfaatan jejaring social dengan menggunakan edmodo yang baru-baru ini mulai dimanfaaatkan oleh beberapa guru. Faktor pendukung yang utama adalah tersedianya berbagai sarana dan prasarana berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu memadai. Profesionalisme guru dapat dikatakan masih menjadi hambatan utama yang cukup mengganggu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, selain teknis berupa persoalan konektifitas internet serta masalah pembiayaan.

Kata kunci: pemanfaatan, TIK, pembelajaran, SMK Muhammadiyah Karangmojo

                         

Abstract: The needs and lifestyles of people in this era have led to the emergence of developments in various fields, one of which is technology. Changes in learning patterns are needed to make updates following the dynamics of changing times which are accelerated by technological developments. This study uses a qualitative approach with a descriptive model to analyze and elaborate how the use of information and communication technology in learning process at SMK Muhammadiyah Karangmojo. Based on the research conducted it can be said that the paradigm of teachers when utilizing information and communication technology in learning process includes the use of media presentations with power point slides by almost all teachers, the use of internet in the form of websites to find additional information about the material delivered and e-mails to send assignments by most of the teachers and the use of social networks using edmodo that has recently begun to be utilized by some teachers. The main supporting factor is the availability of various facilities and infrastructure based on information and communication technology that are so adequate. Professionalism can be said to still be a major obstacle that quite disturbs the use of information and communication technology in learning, in addition to technical issues such as internet connectivity and financing problems.

Keywords: utilization, ICT, learning, SMK Muhammadiyah Karangmojo

Referensi

Daftar Pustaka

Azhariadi, Ina Desmair dan Zuliana Linggo Geni. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana. Universitas PGRI, Palembang.

Budiyana, H.R., Sjafirah, N.A. dan Bakti, I. (2015). Dharmakarya : Jurnal aplikasi iptek untuk masyarakat, 4(1), 59 – 62.

Daniel J. 2012. ICT dan Pembelajaran (Kurikulum untuk Sekolah dan Program Pengembangan Guru), terjemahan dari Information and Communication Technology in Education (A Curriculum for Schoolsand Programme of Teacher Development). Jakarta : Referensi.

Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Cetakan ke-2. Malang: UMM Press

Herry Widyastono. 2017. Jurnal : Kwangsan. Volume 5, Nomor 1.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004), Menyemai Benih Teknologi Penddikan, Jakarta:Kencana

Munir, 2009. Kontribusi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2.

Murni, Sylviana. (2008). Pemanfaatan ICT Dalam Pendidikan. Jakarta: Makalah Seminar Nasional The Power Of ICT in Education, PPS UNJ, 15 April 2008

Patria, Lintang & Kristianus Yulianto. (2010). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Makalah tidak Diterbitkan

Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008. Tentang Guru

Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cetakan ke-2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman, (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cetakan ke-4. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono, (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003)

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Cetakan ke-1. Jakarta: Asdi Maha Satya

Widyacarya. 2018. Jurnal Problematika Guru Dalam Pembelajaran Berbasis TIK di Era Global. 2(2), 10 – 18.

Diterbitkan

2020-03-21