Manajemen Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aprilia Ismiati SD Beji, Pajangan, Bantul, Indonesia

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan manajemen pembelajaran matematika realistik pada materi pembelajaran volume kerucut pada siswa kelas VI SD Sendangsari Pajangan Bantul. Selain itu peneliti memiliki tujuan untuk melihat pengaruh adanya Manajemen Pemebelajaran Matematika Realistik bagi siswa maupun pembelajaran matematika di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI SD Sendangsari Pajangan Bantul dengan jumlah 28 siswa. Hasil penelitian dari Manajemen Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD adalah adanya peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata pra siklus 58,57, pada siklus 1 rata-rata nilai mencapai 69,52, dan pada siklus 2 rata-rata nilai menjadi 82,25. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa dengan Manajemen Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Sendangsari Pajangan Bantul

Kata kunci: manajemen pembelajaran, matematika realistik, hasil belajar

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the increase in student learning outcomes using realistic mathematics learning management in cone volume learning material in grade VI students at Sendangsari Elementary School, Bantul. Besides, researchers have the aim to see the effect of Realistic Mathematics Learning Management for students and mathematics learning in schools. The research method used is descriptive qualitative and quantitative, with the type of research is Classroom Action Research. This research was conducted for 2 cycles, with 2 meetings each cycle. The sample of this research is students in grade VI Sendangsari Elementary School in Bantul with a total of 28 students. Research results from Realistic Mathematics Learning Management To Improve Elementary Student Learning Outcomes is an increase in learning outcomes from the pre-cycle average value of 58.57, in cycle 1 the average value reaches 69.52, and in cycle 2 the average value becomes 82.25. From these data, it can be seen that Realistic Mathematics Learning Management can improve the learning outcomes of Grade VI students at SD Sendangsari Pajangan Bantul.

Keywords: learning management, realistic mathematics, learning outcomes

Published

2020-03-21

Citation Check