UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA

Penulis

  • Nurul Hidayah SMP N 1 DEPOK

Abstrak

Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah   1) untuk mengetahui pembelajaran menggunakan  model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa. 2) untuk mendeskripsikan tingkat keberhasilan dalam proses keterampilan bernyanyi siswa melalui metode pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data pada penelitian diambil dari tes kemampuan siswa dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan proses  pembelajaran praktik bernyanyi dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa. Hal ini dapat terlihat dari perilaku siswa di dalam kelas yaitu siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung,  siswa aktif dalam melakukan eksplorasi pembelajaran, dan hasil pembelajaran yang sudah diperoleh siswa meningkat pada siklus. 2. Tes dilakukan secara praktik berdasarkan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu daerah Jawa Tengah. Selain itu, prosentase peningkatan juga dapat dilihat melalui hasil tes pada siklus 1  sebesar 38,89  %, kemudian menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan siklus 2 yaitu sebesar 83,33 %.

 Abstract: The purpose of this study is 1) to find out learning using direct learning models can improve student singing skills. 2) to describe the level of success in the process of singing skills of students through direct learning methods. This research is a classroom action research consisting of 2 cycles. Each cycle includes planning, action, observation and reflection. The data on the study were taken from students' ability tests and interviews.The results showed the learning process of singing practice with direct learning models can improve students' singing skills. This can be seen from the behavior of students in the classroom that is students enthusiastic in participating in learning with direct learning models, students are active in exploring learning, and learning outcomes that have been obtained by students increase in the cycle. 2. The test is carried out in practice based on students' ability to sing Central Java regional songs. In addition, the percentage increase can also be seen through the results of tests in cycle 1 of 38.89%, then showed a significant increase after the implementation of cycle 2 which was 83.33%.

 

kata kunci : Keterampilan bernyanyi, metode pembelajaran langsung dan hasil belajar.

 keywords: Singing skills, direct learning methods and learning outcomes.

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Baharudin, H. 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar Ruzz Media.

Cohen, Louis, and friend, 2000. Research Method In Education. (5th Ed.). London : RoutledgeFalmer.

Ditjen Dikdasmen. 2007. Kelompok Mata Pelajaran Estetika. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Duckworth, William. 1985. A Creative Approach To Music Fundamentals. USA : Bucknell University.

Hamalik, Umar. 2001. Proses Belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Umar, 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta : Bumi Aksara.

Hannafin, M. J., dan Peck, K. L. 1998. The design, development and

evaluation of instructional. New York: Mc.Millan Published, Co.

Jamalus, 1998. Musik dan Praktek Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan

Guru, Jakarta : CV. Titik Terang.

Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Permendiknas, RI No. 22. 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan

Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Sardiman, A.M, 1996, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta :

Raja Grafindo Perkasa.

Silabus KTSP. 2006. Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan - Seni

Musik. Yogyakarta: SMPN 1 Depok.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Widya Karya.

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Diterbitkan

2020-03-21