Teks Argumentasi sebagai Materi Pembelajaran Membaca Kritis (Critical Reading) pada Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris

Penulis

  • Giyatmi Giyatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara sukoharjo

Abstrak

Abstrak: Membaca Kritis (Critical Reading) merupakan salah satu bentuk keterampilan membaca yang memerlukan tingkat pemahaman yang tinggi. Membaca Kritis tidak hanya sebatas memahami bacaan namun juga menganalisis serta mengevaluasi sebuah bacaan. Keterampilan membaca kritis sangat diperlukan pada masa sekarang dimana informasi mengalir secara bebas. Dengan memiliki keterampilan membaca kritis diharapkan pembaca tidak akan menerima segala bentuk informasi dengan mentah-mentah. Teks agrumentasi merupakan salah satu jenis teks yang juga dikenal dengan istilah exposition text dalam pembelajaran bahasa Inggris. Teks argumentasi berisi tentang pendapat ataupun pemikiran dari penulis yang didukung oleh bukti pendukung tentang suatu masalah. Dengan menggunakan teks argumentasi besar harapannya dapat memancing pemikiran yang kritis dari mahasiswa.  Penelitian ini berjenis deskriptif. Penelitian ini dilasanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah mahasiswaa semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Peneliti menggunaan metode observasi dalam mencari data. Peneliti menerapkan 3 tahap dalam pembelajaran rading yaitu sebelum membaca, saat membaca, dan setelah membaca. Mahasiswa dapat menerapkan keterampilan dalam membaca kritis seperti mengintepretasi, menganalisis, mengevaluasi, mengeksplanasi, dalam mencari pokok pikiran, tujuan teks, sudut pandang penulis, serta mengetahui teks yang bias.

Kata kunci: teks argumentasi, Critical Reading, membaca kritis

Referensi

Nofitria, A., -, D., & Susanto, G. (2017). Pengembangan model pembelajaran membaca kritis teks argumentasi untuk siswa kelas X SMA/SMK. Jurnal pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, Volume 2, Nomor 10, 1409–1415.

Pardede, P. (2017). Developing Critical Reading in EFL Classroom, Bimonthly Collegiate Fourm.

Sultan. 2018. Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi teks dengan pendekatan literasi kritis. Yogyakarta: Baskara Media.

Tengterg, M., & Scheller, C. O. (2016). Developing critical aeading of Argumentative text: effects of a comprehension strategy intervention. Journal of language teaching and research, Volume 7, Nomor 4, 635–645.

EveryBODY is beautiful. (n.d.). Retrieved from https://learnenglishteens.britishcouncil.org/magazine/fashion/everybody-beautiful

Fashion: LearnEnglish Teens - British Council. (n.d.). Retrieved from https://learnenglishteens.britishcouncil.org/magazine/fashion/pros-and-cons-online-shopping,

Would you wear real fur? (n.d.). Retrieved from https://learnenglishteens.britishcouncil.org/magazine/fashion/would-you-wear-real-fur

Reading: LearnEnglish Teens - British Council. (n.d.). Retrieved from https://learnenglishteens.britishcouncil.org/skills/reading/upper-intermediate-b2-reading/video-games-are-good-you,

Your digital footprint. (n.d.). Retrieved from https://learnenglishteens.britishcouncil.org/skills/reading/upper-intermediate-b2-reading/your-digital-footprint

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-21