Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Speaking Melalui Metode Role Play

Penulis

  • Yeni Widyastuti

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui 1) penerapan metode pembelajaran Role Play pada materi Suggestion, 2) peningkatan motivasi speaking pada materi Suggestion dengan penerapan metode pembelajaran Role Play, 3) peningkatan keterampilan speaking pada materi Suggestion dengan penerapan metode pembelajaran Role Play di kelas XI TPM B SMK Muh. 1 Playen. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan 1) metode Role Play pada materi Suggestion adalah dengan bermain peran di depan kelas dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa yang sebelumnya bekerja dengan kelompoknya untuk mendiskusikan seputar hal-hal yang akan dipraktekkan saat Role Play, 2) hasil observasi motivasi siswa pada siklus 1 terdapat  22  siswa yang dikatagorikan tuntas atau  mencapai KKM  dengan prosentase 68   %. Sedangkan  pada  siklus 2 terdapat 29 siswa yang dikatagorikan tuntas dengan prosentase 72.6%, 3). Hasil observasi keterampilan siswa pada siklus 1 terdapat 11  siswa yang dikatagorikan tuntas dengan prosentase  66.2  %. Sedangkan  pada  siklus  2 terdapat 23  siswa yang dikatagorikan tutas atau mencapai KKM dengan prosentase  72.6 %.Dengan demikian terjadi peningkatan motivasi dan keterampilan Speaking setelah menggunakan metode Role play.

Kata kunci: motivasi, keterampilan, speaking, dan Role play

 

Abstract: This research is aimed at finding out 1) the application of Role Play learning method  in Suggesion material, 2) the improvement  of speaking motivation in Suggestion material by applying  Role play learning method, 3) the improvement of speaking skills in Suggestion material by implementing the Role Play learning method at the XI grade of TPM B SMK Muh. 1 Playen. This research stages consist of two cycles,   starting from planning, acting, observing, reflecting and revising. The results of research showed 1) the Role play method in suggestion material was done by doing role playing  in front of the classroom in 4-5 persons of each group who had discussed everything they would perfom during the Role Play would like to be practiced during Role Play, 2) the students’ motivation results in the first cycle indicated 22 students catagorized complete KKM with percentage of 68%. While in the second cycle, 29 students were complete with percentage of 72,6%, 3) the observation results of students’skills in the first cycle indicated 11 students who were catagorized as complete with percentage of 66,25. Meanwhile, in the second cycle, there were 23 students catagorized complete or attained KKM with percentage of 72,6%. In conclusion, the students’ motivation and speaking skills were improved by implementing the Role Play learning method.

Key words: motivation, skills, speaking, and Role play

Referensi

Daftar Pustaka

Depdiknas.(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Suharsumi Arikunto. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta : Rineka Cipta

Slavin, Robert E. (1995). Cooperative learning: theory, research and practise. Boston: Allyn and Bacon

. (2010). Cooperative learning teori riset dan praktek. Bandung: Nusa Media

Suyitno. 2016. Pengembangan Multimedia InteraktifPengukuran Teknikuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal jptk.uny Vol 23, No 1 (2016) .http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9359. Di akses 30 Mei 2017.

Suyitno, Iis Widiyanto, SuryanetabintiMasrul. 2018. Development Of Learning Media For The Course Of Two-Stroke Gasoline Motors To Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal pendidikan Teknologi Kejuruan (JPTK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/18008

Suyitno, Pardjono. 2018. Integrated Work-Based Learning (I-Wbl) Model Development In Light Vehicle Engineering Competency Of Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 8, No 1, February 2018 (01-11). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/14360.

Suyitno. 2018. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Eksperimen dan R & D. Alfabeta: Bandung

Suyitno. 2017. Work Based Learning Terintegrasi Konsep, Strategi dan Implementasi dalam pendidikan Kejuruan. K-Media: Yogyakarta

Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (S

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-21