EFEKTIFITAS PROGRAM TEACHING FACTORY TERHADAP REVITALISASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan program pembelajaran teaching factory dalam rangka revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan di SMK Taman Karya Madya Kebumen dengan jumlah guru dan karyawan sebanyak 154 orang, terdiri atas 95 guru dan 59 karyawan dan jumlah siswa sebanyak 2.424 siswa. Dalam penelitian ini digunakan teknik penelitan deskriptif kualitatif, merupakan salah satu dari jenis penelitian kualitatif yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa besar efektifitas program pembelajaran teaching factory terhadap revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memastikan kebenaran data peneliti menggunakan metode trianggulasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang dimulai dengan kegiatan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teching factory telah memberikan pengaruh yang efektif terhadap revitalisasi standar pendidikan di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen, terutama pada 7 standar pendidikan yaitu : Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana dan Standar Pengelolaan, ada satu standar pendidikan yang kurang begitu terpengaruh adalah Standar Pembiayaan.
Â