Pengaruh 会话(huì huà)terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa mandarin di SMK

Penulis

  • Novita Dewi

Abstrak

Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ä¼šè¯ ( huíhuà ) atau percakapan  terhadap hasil belajar bahasa Mandarin siswa di SMK Negeri 4 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII UPW SMK Negeri 4 Yogyakarta sejumlah 64 anak. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dengan instrumen pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode  huíhuà  dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Mandarin kelas XII UPW di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 4,746 > t tabel 2,021 dan di dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang belajar menggunakan metode huíhuà yaitu 17 yang berada pada kategori tinggi dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 12,12 yang berada pada kategori sedang maka diterima. 


Kata-kata kunci: metode ä¼šè¯ ( huíhuà ) atau percakapan, hasil belajar.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Littejohn, W. Stephen dan Karen A. Fross. 2012. “Teori Komunikasi, Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika

Morisan. 2009. “Teori Komunikasi Tentang Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubunganâ€. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran 3 SKS. Jakarta: Dikjen Pendidikan Tinggi

Depdikbud.

Agung, Gede. A. A. 2010. Statistik Dasar. Singaraja: UNDIKSHA

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. 3(40), 670-681.

Astawan, I. Gede. 2010. Model-model pembelajaran Inovatif. Singaraja: UNDIKSHA.

Munandar,S.C.U.1999. Kreatifitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suparno, P. 2005. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Kerlinger, F. N. (1996) Azas azas Penelitian Behavioral, alih bahasa LK Simatupang, Gajah Mada`Universty Perss, Jogjakarta

Olsen, R and S. Kagan. (1992). Cooperative Language Learning: A Teacher’s Resource

Book.

New York: Prentice Hall Richards, J. C. and Theodore S. R. (2003). Approaches and Methods in Language Teaching.

Cambridge University Press Robbins, P. S. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagian Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Diterbitkan

2020-03-21