UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PENGURANGAN BILANGAN DUA ANGKA MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DI SD NEGERI TEMPAK 1
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami pengurangan bilangan 2 angka menggunakan media realia pada siswa kelas 1 SD Negeri Tempak 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yang dimulai dari tahap pra-siklus, siklus 1, siklus 2, sampai siklus 3. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas 1 sejumlah 40 siswa dan sampel 20 siswa ( 1 kelas ). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumetasi, soal pra-siklus sampai siklus 3, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami pengurangan bilangan 2 angka menggunakan media realia mulai dari siklus 1 sampai siklus 3. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan persentase ketuntasan di tiap siklusnya. Persentase ketuntasan pada siklus 1 yakni 55%, siklus 2 75%, dan siklus 3 90%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media realia dapat meningkatkan kemampuan memahami pengurangan bilangan 2 angka serta minat dan keaktifan siswa dalam belajar.
Kata kunci : kemampuan memahami, pengurangan bilangan, media realia.
Â
Â
Abstract : This study aims to determine the increase in the ability to understand the reduction of 2-digit numbers using realia media in grade 1 students Academic Year 2019/2020. This research is a classroom action research ( CAR ). This study consist of 3 cycles : the pre-cycle stage, cycle 1, cycle 2 and cycle 3. Each cycle includes planning, action, observation, and reflection. The study population was all grade 1 students with 40 students and a sample of 20 students ( 1 class ). Data collection techniques used were documentation, pre-cycle questions to cycle 3, and observation sheets. The results showed an increase in student learning outcomes in understanding the reduction of 2-digit numbers using realia media ranging from cycle 1 to cycle 3. This can be seen from the increase in the percentage of completeness in each cycle. The percentage of completeness in cycle 1 is 55%, cycle 2 is 75%, and cycle 3 is 90%. The conclusion of this study is that the use of realia media can improve the ability to understand the reduction of 2-digit numbers and students interest and activeness in learning.
Keywords : ability to understand, reduction of numbers, realia media
References
Buchori, et al.2004. Gemar Belajar Matematika 1. Semarang: Aneka Ilmu
Djaelani & Haryono.2008. Matematika I. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Heruman.2007. Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ibrahim, R.&Syaodih S, N. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Rineka Cipta
Kustandi, & Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran, Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Marisa, et al. 2011. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Muhsetyo, G, et al. 2011. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: UniversitasTerbuka
Rahadi, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Sadiman, S.A., Rahardjito, R,.Haryono,A. 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka
Supardjo. 2004. Matematika ; Gemar Berhitung. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Taufik, A., Prianto, L.H. 2011. Pendidikan Anak Usia SD. Jakarta: Universitas Terbuka