Meningkatkan Keterampilan 4C dan Hasil Belajar Melalui Teknik Permainan Tebak Gambar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngemplak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan 4C peserta didik melalui teknik permainan tebak gambar dalam pembelajaran, (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui teknik permainan tebak gambar dalam teks transaksional, dan (3) meningkatkan keterampilan 4C dan hasil belajar peserta didik melalui teknik permainan tebak gambar dalam teks transaksional lisan. Penelitian dilaksanakan melalui kegiatan (1) Perencanaan (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes berbicara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus pertama menunjukkan bahwa indikator kemampuan 4C masih rendah, terlihat dari hasil tertinggi pada tingkat kurang baik 56%, pada tingkat cukup baik 42%, pada tingkat baik 28% dan sangat baik 9%. Hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 66.4. Hasil penelitian siklus kedua menunjukkan bahwa indikator kemampuan 4C telah meningkat, terlihat dari hasil tertinggi pada tingkat kurang baik 12%, pada tingkat cukup baik 22%, pada tingkat baik sebesar 29% dan sangat baik mencapai 61%. Hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 78,5. Dengan kenaikan prosentasi dari keterampilan 4C dan hasil belajar maka penelitian berakhir pada siklus kedua.
Kata kunci: tebak gambar, keterampilan 4C, hasil belajar
Â
Abstract: This research is a classroom action research conducted at SMP Negeri 1 Ngemplak. This study aims to (1) improve the 4C skills of students through guessing game techniques in learning, (2) improve students' learning outcomes through guessing pictures playing techniques in transactional texts, and (3) improve 4C skills and learning outcomes of students through guessing game techniques in verbal transactional text. The research was carried out through activities: (1) Planning (2) Action, (3) Observation, and (4) Reflection of 2 cycles. Data collected through observation sheets and speaking tests. Data were analyzed using qualitative and quantitative descriptive analysis techniques. The results of the first cycle of research showed that the 4C capability indicator was still low, seen from the highest results at an unfavorable rate of 56%, at a reasonably good rate of 42%, at a good rate of 28% and an excellent 9%. Student learning outcomes reach an average of 66.4. The results of the second cycle of research indicate that the 4C capability indicator has improved, as seenÂ