Pengembangan Media Pembelajaran ICT Untuk Meningkatkan Motiviasi Belajar Siswa SD Ngalang-Alang Ombo Gendangsari
Abstract
Abstrak: Salah satu tugas dari seorang pendidik ialah dapat menciptakan tujuan pendidikan di sekolah. Hal ini diharakan dapat menunjang proses pembelajaran menjadi efektif dan inovaif. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Sedangkan pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Adapun salah satu startegi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif da inovatif ialah melalui penggunaan media berbasis ICT (Information Communications Technologies). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitiatif. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah mendeskripsikan dan mengetahui hasil penggunaan media ICT untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas bawah SD Ngalang-Ngalang Ombo. Untuk memperoleh informasi yang akurat tersebut penelti menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner guna mengetahui hasil dari peneltian yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan dari pengembangan media pembelajaran ICT terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SD Ngalang-Alang Ombo yang mempunyai hasil korelasi yaitu 0,544 menunjukkan makna bahwa berada pada interval koefisien 0.40-0.599 dengan tingkat hubungan yang cukup.
Kata kunci: Kuantitatif, Pembelajaran, Motivasi, dan ICT (Information Communications Technologies)
References
Daftar Pustaka
Arsyad, Azhar. ( 2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad. Azhar. (2016) . Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Duryat, Masduki. (2016). Kepemimpinan pendidikan (meneguhkan legitimasi dalam berkontestasi di didang pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Kasmadi dan Sunariah Nia. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Margono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Offest Angkasa.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta.
Sulisworo, D., & Toifur, M. (2016). The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school in Indonesia. International Journal of Mobile Learning and Organisation, Volume 10 Nomor 3 , halaman 159-170.
Sulisworo, D., Nasir, R., & Maryani, I. (2017). Identification of teachers’ problems in Indonesia on facing global community. International Journal of Research Studies in Education, Volume 6 Nomor 2, halaman 8190.
Online. file:///C:/Users/USER/Downloads/11705-43934-1-PB%20(1).pdf
Umar, Husein. (2015). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Widyoko. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Martinis. (2012). Kiat membelajarkan sSiswa. Jakarta: Gaung Persada Pers.
Http://www.pengertianpakar.com/2015/05/pengertian-dan-macam-macam-hipotesis-penelitian.html
Http://www.google.com/peni.staff.gunadarma.ac.id/Hipotesis.pdf
Http://file.upi.edu/Direktori/DUAL_MODES/PENELITIAN_PENDIDIKAN/BBMpdf.