IMPLEMENTAI KAMERA DIGITAL SEBAGAI MEDIA MERDEKA BELAJAR PADA OUTINGCLASS BAHASA INGGRIS KELAS X SMA SAHABATQU YOGYAKARTA

Penulis

  • Rudian Rudian universitas sarjanawiyata tamansiswa

Abstrak

 Abstrak : Dalam proses belajar penerapan media pembelajaran merupakan hal yang paling utama. Penggunaan kamera digital sebagai media merdeka belajar membawa atmosphere baru dalam proses belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sesuai ajaran Tamansiswa Ki Hajar Dewantara yang menjungjung tinggi asas kemerdekaan belajar. Penelitian ini mengangkat tema yaitu : (1) pengembangan kamera digital sebagai media merdeka belajar pada outingclass bahasa ingggris siswa kelas x SMA Sahabatqu (2) penerapan kamera digital sebagai media merdeka belajar pada outingclass bahasa ingggris siswa kelas x SMA Sahabatqu. (3) dampak penerapan kamera digital sebagai media merdeka belajar pada outingclass bahasa ingggris siswa kelas x SMA Sahabatqu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di Malioboro Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu; observasi langsung, wawancara, dokumentasi video dan foto. Hasil  penelitian menunjukkan penggunaan kamera digital sebagai media merdeka belajar outingclass bahasa inggris memberi dampak positif yaitu memerdekakan belajar siswa dan guru, menciptakan suasana belajar menyenangkan, menumbuhkan skill menggunakan kamera digital, meningkatkan skill dan kepercayaan diri siswa berinteraksi langsung dengan turis asing. Kelemahan penggunaan kamera digital sebagai media pembelajaran adalah harga kamera digital cukup mahal, membutuhkan skill lebih pengambilan gambar dan video menggunakan kamera digital untuk hasil yang bagus.

 

Kata kunci : merdeka belajar, Tamansiswa, media belajar, kamera digital.

 

Abstract: In the learning process applying learning media is the most important thing. The use of digital cameras as a free medium of learning brings a new atmosphere in the learning process to achieve learning goals. In accordance with the teachings of Tamansiswa Ki Hajar Dewantara who upholds freedom of learning. This study raises the theme of: (1) the development of digital cameras as independent media to learn in English outingclass of class X students of Sahabatqu High School (2) the application of digital cameras as independent media studied in English outingclass of class x students of Sahabatqu High School. (3) The policy of digital cameras as an independent medium of learning at English class outingclasses for grade X students at Sahabatqu High School. This study uses a qualitative method. The research location is Yogyakarta Malioboro. Research data collection techniques namely; live observations, interviews, video and photo observations. The results showed the use of digital cameras as an independent medium of learning English outingclass had a positive influence, namely freeing student and teacher learning, developing fun learning, cultivating skills using a digital camera, improving skills and helping students to interact directly with foreign tourists. The disadvantage of using a digital camera as a learning medium is the price of a digital camera that is quite expensive, the skills needed to take pictures and videos that use a digital camera for good results.

 

Keywords: free learning, Tamansiswa, learning media, digital camera.

 

Biografi Penulis

Rudian Rudian, universitas sarjanawiyata tamansiswa

Rudian guru bahasa Inggris SMA Sahabatqu Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-21