Pengaruh Pengalaman Diklat dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Mengajar Guru di Kecamatan Panggang

Penulis

  • rachmawati istiqomah mahasiswa pascasarjana ust

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Diklat dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas mengajar guru kecamatan Panggang. Desain penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitan ini adalah guru di kecamatan Panggang 35 guru kemudian di ambil 30 guru sebagai sampel dengan tekhnik sample random sampling. Data di kumpulkan dengan menggunakan angket. Instrument tersebut di uji data validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Diklat terhadap Kualitas Mengajar Guru Di Kecamatan Panggang; terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Mengajar Guru Di Kecamatan Panggang; terdapat pengaruh yang signifikan Diklat dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Mengajar Guru di Kecamatan Panggang. Berdasarkan hasil penelitian maka kualitas mengajar guru dapat di tingkatkan melalui kesempatan kepada pegawai untuk memngikuti diklat serta mendorong guru untuk lebih bersemangat saat mengajar.

Kata kunci: Diklat, motivasi, kualitas mengajar

Referensi

Akhmadi, Agus. 2019. Kepuasan Peserta Diklat Terhadap Pelayanan Widyaiswara. Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Volome 7 Nomor 2.

Arikunto,Suharsimi (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieka Cipta.

Faiza, Umi. 2019. Evaluasi Kinerja Pendidik dan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam di Indonesia.Jurnal Studi Pendidikan Islam, Volume 2 Nomor 2.

Nuraini.2018. Tingkat Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelayanan Widyaiswara Pada Diklat Tekhnis Substantif Publikasi Ilmiah bagi Guru Mata Pelajaran Agama MTS Angkatan III. Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Volome 6 Nomor 1, Halaman 168-186.

Pianda, Didi. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi : CV Jejak.

Plesis. 2016. The important Of Training and Education For New Zealand Enterpreneur To Be Succesful : Some Empirical Evidence, Journal Of Community Positive Practice, 16 (2) pp.18-38.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Mutu Dan Angka Kreditnya.Yogyakarta: Gava media

Werang, B. R dan Irianto,o. 2018. Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru sekolah Dasar di Distrik Mindiptan, Papua. Journal Of Primary Education,Volume 1 Nomor 1, Halaman 013-023.

Winarno. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana, Kesejahteraan dan Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Media Manajemen Pendidikan (MMP), Volume 1 Nomor 1.

Diterbitkan

2020-03-21