Hubungan Pemberian Reward dan Punishment Dengan Prestasi Belajar Siswa SD

Penulis

  • Eka Pramusinta PT VIF Yogyakarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hubungan pemberian reward dengan prestasi belajar siswa.(2)Mengetahui hubungan pemberian punishment dengan prestasi belajar siswa. (3)Mengetahui hubungan pemberian reward dan punishment dengan prestasi belajar siswa kelas VI SD Se-gugus Baturraden. Penelitian dilaksanakan di SD Se-gugus Baturraden. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VI SD Se-gugus Baturraden dengan jumlah siswa 231. Sampel dalam penelitian ini adalah 139 orang yang diambil secara acak di gugus tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian reward dengan prestasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dari nilai  = 0,414 > rtabel(0,05) = 0,176. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian punishment dengan prestasi belajar hal ini dibuktikan dari nilai  = 0,338 > rtabel (0,05) = 0,176. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas VI SD Se-gugus Baturraden, hal ini dibuktikan dengan nilai Ry (1,2) = 0.51973 dengan nilai pada tingkat signifikansi F = 25.10718> Ftable = 3.0656). Nilai R2 = 0.2701, hal ini berarti variabel pemberian reward dan punishment dapat menjelaskan variansi variabel pestasi belajar sebesar 27,01%.

Kata kunci: imbalan, hukuman, prestasi belajar.

Diterbitkan

2020-03-22