MANAJEMEN KELAS KHUSUS OLAHRAGA DALAM MEWUJUDKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP N 2 TEMPEL SLEMAN

Penulis

  • St Ari Kurniawan SD N PELEMSARI

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan proses program dan hasil manajemen kelas khusus olahraga dalam mewujudkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Tempel.

Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penjasorkes, pelatih dan siswa kelas KKO. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara. Teknik analisis yang dilakukan adalah Analisis tersebut meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini 1) Manajemen program kelas khusus olahraga dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program dengan terencana. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa manajemen program kelas olahraga dikelola oleh pihak sekolah secara bersama-sama. 2) Manajemen kelas khusus olahraga SMP N 2 Tempel menujukkan hasil bahwa pelaksanaan program kelas khusus olahraga di SMP Negeri 2 Tempel dilakukan sesuai dengan program. Selain itu, sebagai pengalaman dan tolok ukur cabang atletik melibatkan seluruh siswa kelas khusus olahraga untuk ikut event dan kejuaraan atletik yang ada di Kabupaten Sleman. Peran pelatih dalam latihan kelas khusus olahraga telah dilaksanakan dengan sangat baik sehingga memiliki prestasi yang maksimal. 3) Hasil program kelas khusus olahraga di SMP Negeri 2 Tempel telah memiliki prestasi yang baik di mana 5 kali juara kompetisi antar KKO se DIY. Secara khusus cabang atletik memiliki kontribusi paling besar.

Kata kunci: manajemen, kelas khusus olahraga, mutu pendidikan

Diterbitkan

2020-03-22