PEMBELAJARAN READING GENRE BERBASIS ICT DIDALAM TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA

Penulis

  • Nurnaningsih Nurna Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Abstrak

Abstrak: Reading genre adalah pembelajaran berbasis teks yang sudah tersedia yang membuat pembelajaran ini menjadi pembelajaran yang tidak menarik minat mahasiswa. Reading genre adalah pembelajaran reading atau membaca yang membedakan jenis teks satu terhadap yang lain (Rose, 2008). Bagaimanakah penerapan ICT pada pembelajaran reading genre di dalam Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara? Penelitian ini adalah penelitian Qualitative, dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester I kelas B, sedangkan untuk data didapatkan dengan observasi, interview, and documentation. Berdasarkan Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara, penggunaan internet merupakan tangan panjang dari memerdekan individu dalam belajar, mahasiswa secara mandiri dan berpasangan belajar untuk menelaah dan membedakan untuk setiap genre. Hal ini merupakan penerapan dari Tut Wuri Handayani yang berarti bahwa pengajar berada dibelakang untuk memberi dorongan untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Pemilihan internet sebagai media belajar adalah untuk membangun minat mahasiswa untuk belajar reading genre, dan pemilihan internet ini merupakan  penerapan Ing Madyo Mangun Karsa (ketika berada diantara mahasiswanya, pengajar harus dapat membangun minat dan semangat mahasiswa untuk belajar) Selain itu, Internet atau ICT ini juga merupakan penerapan dari Ing Ngarso Sung Tuladha, pengajar memberikan contoh kepada mahasiswa pendidikan bahwa sebagai guru harus dapat mengerti dunia siswa atau mahasiswa yang dihadapi.

Kata kunci: Reading genre, ICT, Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Biografi Penulis

Nurnaningsih Nurna, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program studi pendidikan bahasa inggris

Referensi

Ayomi, Putu Nur., & Komang Dian Puspita Candra. (2016). Genre dalam buku teks pelajaran bahasa indonesia dan bahasa inggris di sekolah dasar: pendekatan linguistik fungsional sistemik. Prosiding Prasasti. 614-619.

Bakhtiar, Yohan. (2014). Internalisasi filosofi trilogi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam pemahaman product knowledge syariah. Jurnal: Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam. 75-86

Ilyas. (2016). Pendidikan karakter melalui homeschooling. Journal of Non Formal Education.

Nugroho, Lilik. (2017). Implementasi trilogi kepemimpinan pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan. 205-214

Rahmi, Muhammad Yusuf. Pemanfaatan ict sebagai media pembelajaran dan informasi pada uin alauddin Makassar. Jurnal Sulesana. 127-135.

Rose, David. (2007). A Genre: A New Wave Analysis. Linguistics and Human Sciences. 5-29

Trianingrum, Ni Nym. Nida., & Ni Putu Yunik Anggreni. (2018). Pemahaman genre dalam ketrampilan membaca pada pembelajaran bahasa inggris profesi pada mahasiswa program studi kepariwisataan, STIPAR Triatma Jaya, Bali. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia.33-43.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-22