Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.

Authors

  • Ichda Farida Nisa ust

Abstract

Abastrak: Saat ini kita berada pada era dimana teknologi dan informasi berkembang dengan sangat cepat dan pesat dimana peran bahasa inggris menjaadi sangat penting sebagai bahasa global sekaligus bahasa teknologi, hal ini menjadikan bahasa inggris sebagai salah satu kunci keberhasilan di dunia yang terglobalisasi seperti sekarang ini. Kondisi ini juga mempengaruhi posisi bahasa inggris sebagai bahasa asing di indonesia, minat dan permintaan terhadap pengajaran bahasa inggris menjadi meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat tentang pentingnya bahasa inggris di era globalisai. Pemerintah indonesiapun telah menyadari dan merespon kondisi tersebut, sehinnga pada tahun 1993 pemerintah melalui Keputusan Mentri Pendidikan mengijinkan sekolah untuk mengajarkan bahasa inggris di tingkat Sekolah Dasar sebagai mata pelajaran Muatan Lokal. Hal ini dimaksud kan agar dapat memberikan keuntungan terhadap siswa untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan gagasan semakin awal semakin baik. Namun pada perkembangannya, pengajaran bahasa inggris di Sekolah Dasar (SD) mengalami banyak penyusaian pelaksanaan seiring perubahan  kebijakan dan kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah.Kata kunci: Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, kebijakan, kurikulum, Mulok

Published

2020-03-22

Citation Check