Peningkatan Keterampilan Menggunakan Unggah-Ungguh dengan Media Audio Visual Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Depok

Penulis

  • dwi lestari SMP Negeri 1 Depok

Abstrak

Peningkatan Keterampilan Menggunakan Unggah-Ungguh dengan Media Audio Visual Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Depok


Dwi Lestari

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Dwilestari(dwilestari19790904@gmail.com)

 

ABSTRAK

Dwi Lestari. “Peningkatan Keterampilan Menggunakan Unggah-Ungguh dengan Media Audio Visual Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Depokâ€. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 2020.

Penelitian ini bertujuan: (1) Menumbuhkan sikap senang, tertarik, dan termotivasi mengikuti pembelajaran belajar unggah ungguh (2) Meningkatkan kemampuan unggah ungguh siswa kelas VIII A SMP N 1 Depok dengan menggunakan media video drama (3) Mengimplementasikan media video drama dalam pembelajaran.

Penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Depok Sleman. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Data diukur kevalidannya dengan teknik content validity (validitas isi). Adapun analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan pembelajaran unggah-ungguh dengan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Depok berlangsung selama dua siklus dan tiap siklus terbagi menjadi dua pertemuan. Pada setiap siklusnya, diterapkan empat tahap pembelajaran, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan refleksi pada siklus II sebagai kegiatan paling akhir dalam pembelajaran, diperoleh hasil bahwa penerapan media audio visual berhasil mengubah aktivitas siswa menjadi lebih baik, selain juga meningkatkan nilai tes mereka dalam keterampilan menggunakan unggah-ungguh; (2) peningkatan keterampilan menggunakan unggah-ungguh siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Depok setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menggunakan unggah-ungguh dengan media audio visual adalah sebesar 12,3 pada siklus I, yakni dari nilai prasiklus sebesar 58,7 menjadi 71 pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 9,1 menjadi 80,1 pada siklus II. Peningkatan tersebut terlihat dalam peningkatan kemampuan berbicara siswa dalam berdialog sesuai unggah-ungguh basa.

Kata Kunci: Menggunakan, Keterampilan, Media Audio Visual, Unggah-Ungguh

Diterbitkan

2020-03-22