Partisipasi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SDN Patuk I Kabupaten Gunungkidul)
Abstract
Penggunaan manajemen terbuka dan sistem evaluasi partisipatif merupakan ciri-ciri partisipasi masyarakat yang ada di SDN Patuk I Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Manajemen terbuka merupakan bentuk pelibatan masyarakat mulai proses merencanakan, menentukan, menjalankan, mengawasi, dan melakukan evaluasi partisipatif. Upaya yang dilakukan sekolah dalam menggalang partisipasi masyarakat yaitu dengan membangun citra sekolah, melalui penggunaan tokoh, kegiatan silaturrahmi, melalui himbauan atau ajakan. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat terhadap sekolah berupa partisipasi berbentuk finansial/ material bagi masyarakat atau orangtua yang memiliki anak sekolah di SDN Patuk I, partisipasi berbentuk ide-ide atau gagasan pemikiran bagi masyarakat yang memiliki tingkat pemikiran dan wawasan kependidikan dan memegang kebijakan di Patuk dan partisipasi berbentuk do’a bagi masyarakat dan orang tua siswa SDN Patuk I yang memiliki kepedulian secara moral terhadap SDN Patuk I.