Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Teknik Two Stay Two Stray

Penulis

  • supri atmaja SMP N 1 Pandak

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   aktivitas dan hasil   belajar siswa   dengan menerapkan teknik Two Stay Two Stray pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IX B SMP Negeri 1 Pandak. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes, dokumentasi, angket, dan wawancara. Data hasil belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data pelaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklusnya.   Hasil belajar sebelum penelitian ketuntasan belajar klasikal hanya 32 %, pada siklus I meningkat menjadi 60%,  dan  pada  siklus  II  meningkat  lagi  menjadi  80  %  dengan  rata-rata  peningkatan sebesar 29 %. Peningkatan hasil belajar tidak hanya terjadi pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotor. Pada aspek afektif ditunjukkan oleh semakin berkembangnya keterampilan kooperatif siswa, dan pada aspek psikomotor ditunjukkan oleh kemampuan siswa menyusun bahan presentasi.

 

Kata Kunci: Teknik Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

The study is aimed to improve students’ learning activities and outcome by implementing Two Stay Two Stray technique during the process of teaching and learning Bahasa Indonesia major. The study is a classroom action research which was conducted at the SMP N 1 Pandak grade nine B. The data were collected through observation checklist, test, documentations, questionnaire, and interview. The data of students’ learning outcome and participation during teaching and learning process were analyzed using descriptive quantitative technique, while the field datum was analyzed using descriptive qualitative technique. The analysis shows that the learning activity and students’ learning outcome has improved. It can be seen from the improvement of the learning activity and students’ learning outcome in every cycle. The students’ learning outcome previously, the students’ minimum mastery criteria in a classical class were merely 32%. And by the first cycle, it has improved to be 60%. Then by the second cycle it increases again to be 80% with the average number of improvement is 29%. The improvement of students’ learning outcome also happens in some aspects like cognitive, affective, and psychomotor. For the affective aspects is shown from the growth of students’ cooperativeness skill and for the psychomotor is shown from students’ ability in arranging presentation materials.

 

Keywords: Two Stay Two Stray Technique, Learning Activity, Students’ Learning Outcome

 

Referensi

Daftar Pustaka

Anita Lie. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Depdikbud. 1994. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama: Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Desy Rufaidah. Model Two Stay Two Stray dalam Diskusi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (2015) Caraka, Journal Ilmiah Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya Volume 1, No. 2

Giantika dkk. 2015. “Penerapan MODEL Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keterampilan Berdiskusi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kubuâ€, e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1).

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Nur Fathonah dan Ulin Yudhawati.2019.Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7

Sardiman.2006.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara

Suharsimi Arikunto, Suhardjono & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suprapto, Ribut. 2017. Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas VIII E MTsN Sambirejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Islam Vol. IX (1): 184-197

Siti Chotimah dan Mundilarno.2020.Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Yogyakarta. Journal Media Manajemen Pendidikan Volume 2

Tutik Sriyati.2018.Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Menemukan Makna tersirat Teks Melalaui Membaca Intensif Model Jigsaw di Sekolah Dasar Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 3

Diterbitkan

2020-03-22