Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Jurusan Non-Bahasa Inggris

Penulis

  • Ika Widhy Retnary Pasca Sarjana PBI UST

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan oleh Language Training Centre (LTC). Penelitian dilakukan terhadap 29 mahasiswa semester 2 jurusan Non-bahasa Inggris yang mengikuti program pembelajaran Bahasa Inggris di PPB Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran sehingga data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang berasal kuesioner mengungkapkan bahwa secara umum mahasiswa puas dengan program pembelajaran dan tujuan dari program tersebut. Data kualitatif yang didapatkan dari wawancara mengungkapkan bahwa program pembelajaran sudah memenuhi harapan mahasiswa dalam hal tujuan program, isi program, materi dan proses pembelajaran. Sebagai kesimpulan, program tersebut layak untuk dilanjutkan.

Referensi

Cambridge University Press. (2013). Introductory Guide to the Common European Framework of reference (CEFR) for English Language Teachers. Cambridge University Press

Retrieved from:

https://www.englishprofile.org/images/pdf/GuideToCEFR.pdf

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2007). Designing and conducting mixed methods research. Thousand Oaks, CA: Sage

Kocaman, O., & Balcıoğlu, L. (2013). Students perceptions on the development of speaking skills: A course evaluation in the preparatory class. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106 (2013), 2470 – 2483. doi: 10.1016/ j.sbspro.2013.12.284.

Retrieved from:

https://www.researchgate.net/publication/270848139_Student_Perceptions_on_the_Development_of_Speaking_Skills_A_Course_Evaluation_in_the_Preparatory_Class

Ṏner, G. and Mede, E. (2015). Evaluation of A1 level program at an English preparatory school in a Turkish university: a case study. ELT Research Journal, 4 (3), 204-226.

Retrieved from:

dergipark.gov.tr/download/article-file/296310

Richards, J. K. (2001). Curriculum development in language teaching. Cambridge, the UK: Cambridge University Press.

Tsou, W., & Chen, F. (2014). ESP program evaluation framework: Description and evaluation to a Taiwanese university ESP program. English for Specific Purposes, 33 (2014), 39-53.

Retrieved from:

https://www.researchgate.net/publication/259133667_ESP_program_evaluation_framework_Description_and_application_to_a_Taiwanese_university_ESP_program

Yasmine, D. (2016, December 8). Indonesia falling behind Vietnam in English proficiency: survey. Jakarta Globe.

Retrieved from:

https://jakartaglobe.id/context/indonesia-ranks-32-english-proficiency-index

Yıldız, Ü. (2004). Evaluation of the Turkish language teaching program for foreigners at Minsk State Linguistic University in Belarus: A case study (Unpublished master’s thesis). Middle East Technical University, Ankara.

Retrieved from:

https://etd.lib.metu.edu.tr/upload/3/1178185/index.pdf

Yuvayapan, F. (2015). A program evaluation of an English course for Turkish Erasmus exchange students. International Journal of Language Academy, 3(1), 39-56.

Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/325967458_Teaching_academic_writing_in_ELT_postgraduate_programmes_at_Turkish_universities

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-22