MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • suci hastini

Abstrak

Abstrak:Manajemen pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan oleh guru menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal agar siswa merasa nyaman dan betah belajar di dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat manajemen pengelolaan kelas pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas VI SD Krebet Pajangan, Bantul. Selain itu peneliti memiliki tujuan untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan dari manajemen pengelolaan kelas tersebut apakah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI SD Krebet, Pajangan, Bantul berjumlah 23 siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan tabel frekuensi dan mean skor, sedangkan secara secara kulitatif dengan metode deskriptif naratif. Dari kedua analisis tersebut ditetapkan tingkat kategori hasil belajar. Disini yang menjadi patokan keberhasilan penelitian ini jika 75% siswa memperoleh skor KKM yaitu 70, dari hasil tes. Maka kelas tersebut dianggap tuntas.

Kata Kunci:manajemen pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan hasil belajar matematika.

Diterbitkan

2020-03-22