Penggunaan strategi peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa SD

Penulis

  • Singgih Tri Oktaviyanto SD Krawitan ngemplak sleman

Abstrak

PRODI MANAGEMEN PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA YOGYAKARTA

 

Sinkjustin87@gmail.com

 

ABSTRAK

 

              Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SD N Krawitan Sleman. Guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga membuat suasana belajar menjadi kaku dan akhirnya membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu guru berupaya menggunakan model pembelajaran Strategi Peta Konsep agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Strategi Peta Konsep pada siswa kelas V SD N Krawitan Tahun Ajaran 2018/2019.

              Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD N Krawitan Sleman. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.

              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata – rata test Siklus I adalah 60,24% dan  persentase ketuntasan belajarnya adalah 32%. Pada siklus II nilai rata – rata testnya meningkat menjadi 70% dan persentase ketuntasan belajarnya adalah 68%, sehingga dari hasil tersebut bisa dikatakan bahwa hasil belajar siswa telah tuntas secara klasikal. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran Strategi Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Strategi Peta Konsep, Hasil Belajar IPS

Referensi

Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo persada

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka Cipta

Bermawy Munthe. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta : PT. Pustaka Insani Madani

Dimyati dan Drs.Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Djojo Suradisastra, dkk 1991. Pendidikan IPS 3. Jakarta : Depdikbud

Gimin dkk, 2006. Penulisan Karya Ilmiah, Pekanbaru : Cendikiawan Isnani

Nana Sudjana. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung PT Remaja Rosdakya

Rahadi Aristo. 2004. Media Pembelajaran. Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar menengah, Jakarta

Sapriya, M.Pd.2009. Pendidikan IPS SD. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sardiman, AM.2006 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.grafindo persada

Slameto. 1991 . Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta : Bumi Aksara

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan Nasional, Pekanbaru

Suryati.E.2006. Peningkatan Pembelajaran IPA. Biologi melalui Pembelajaran bermakna dengan Peta Konsep, Journal sains UNRI

Diterbitkan

2020-03-22