Penggunaan strategi peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa SD
Abstract
PRODI MANAGEMEN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA YOGYAKARTA
Â
Sinkjustin87@gmail.com
Â
ABSTRAK
Â
             Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SD N Krawitan Sleman. Guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga membuat suasana belajar menjadi kaku dan akhirnya membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu guru berupaya menggunakan model pembelajaran Strategi Peta Konsep agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Strategi Peta Konsep pada siswa kelas V SD N Krawitan Tahun Ajaran 2018/2019.
             Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD N Krawitan Sleman. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.
             Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata – rata test Siklus I adalah 60,24% dan persentase ketuntasan belajarnya adalah 32%. Pada siklus II nilai rata – rata testnya meningkat menjadi 70% dan persentase ketuntasan belajarnya adalah 68%, sehingga dari hasil tersebut bisa dikatakan bahwa hasil belajar siswa telah tuntas secara klasikal. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran Strategi Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Strategi Peta Konsep, Hasil Belajar IPS
References
Anas Sudijono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo persada
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka Cipta
Bermawy Munthe. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta : PT. Pustaka Insani Madani
Dimyati dan Drs.Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Djojo Suradisastra, dkk 1991. Pendidikan IPS 3. Jakarta : Depdikbud
Gimin dkk, 2006. Penulisan Karya Ilmiah, Pekanbaru : Cendikiawan Isnani
Nana Sudjana. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung PT Remaja Rosdakya
Rahadi Aristo. 2004. Media Pembelajaran. Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar menengah, Jakarta
Sapriya, M.Pd.2009. Pendidikan IPS SD. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sardiman, AM.2006 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.grafindo persada
Slameto. 1991 . Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta : Bumi Aksara
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan Nasional, Pekanbaru
Suryati.E.2006. Peningkatan Pembelajaran IPA. Biologi melalui Pembelajaran bermakna dengan Peta Konsep, Journal sains UNRI