PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 BANJARBARU UNTUK MENUJU PENDIDIKAN IDEAL

Penulis

  • ira fatria syafitasari universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta

Abstrak

Abstrak : Tujuan penelitian ini menjelaskan 1) perencanaan pembelajaran yang ada di smk negeri 3 banjarbaru, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) penilaian-penilaian pembelajaran yang ada di smk negeri 3 banjarbaru untuk menuju pendidikan yang ideal. Penelitian ini dilaksanakan di smk negeri 3 banjarbaru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari narasumber yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa siswi SMK negeri 3 banjarbaru. Adapun teknik analisis datanya adalah teknik analisis deskriptif (non statistik). Hasil penelitian adalah 1) perencaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran di SMK negeri 3 banjarbaru dilakukan sesuai kelas dan jurusan yang ada disekolah tersebut, 3) penilaian pembelajaran dilakukan dengan cara ulangan teori dan ujian praktek di setiap semesternya.

Kata Kunci : perencanaan, pelaksanaan, penilaian.

 

Abstract : The purpose of this study explains 1) learning planning in 3 banjarbaru state schools, 2) implementation of learning, 3) learning assessments in 3 banjarbaru state schools to achieve an ideal education. This research was conducted in state junior high school 3 banjarbaru. This research is a qualitative research and research instruments used are questionnaires, interviews, and documentation. Data was collected from speakers, namely the school principal, teachers, and students of SMK Negeri 3 Banjarbaru. The data analysis technique is descriptive (non-statistical) analysis technique. The results of the study are 1) the syllabus of learning is outlined in the form of semester planning, weekly planning and daily planning, 2) the implementation of learning in the SMK 3 banjarbaru is carried out according to the classes and majors in the school, 3) the assessment of learning is done by means of theoretical and practical tests in each semester.

Keywords: planning, implementation, assessment.

Referensi

Abdul Majid. 2005 2006. “Perencanaan pembelajaran mengembangkan Standar Kompetensi Guru“. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Arianto Samier Irhash. Agustus 2008. “Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaranâ€. (online). http://sobatbaru.blogspot.co.id/2008/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html.

Shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz M

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.

Samani, M & Hariyanto. (2011). Konsep dan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Diterbitkan

2020-03-22