Pengaruh Tour Quotation Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan di SMK
Abstract
Abstrak: Pandangan siswa PPP sulit, penguasaan pelajaran rendah, padahal penting di industri. Penelitian menggunakan TQ. Pembelajarannya menuntut siswa mampu menghitung harga paket perjalanan. Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui pengaruh TQ terhadap prestasi belajar pelajaran PPP materi Menghitung Selling Price, (2) Untuk mengetahui pengaruh TQ terhadap hasil belajar PPP materi Menghitung Selling Price, (3) Untuk mengetahui pengaruh TQ terhadap prestasi dan hasil belajar PPP materi Menghitung selling price. Rancangan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ekperimen. Populasi penelitian siswa XII SMK N 4 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Sampling penelitian cluster random sampling. Sampel siswa XII UPW. Pengumpulan data post tes. Hasil penelitian : (1) Ada pegaruh TQ terhadap prestasi belajar pelajaran PPP, hasil diperoleh dari nilai rata-rata daya serap setelah TQ lebih dari 3%. (2) Ada pengaruh TQ terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh nilai akhir > KKM dengan nilai rata-rata 79. Perbedaan nilai rata-rata kelas ekperimen 79, kelas kontrol 55. (3) Ada pengaruh TQ terhadap prestasi dan hasil belajar pelajaran PPP, hasilnya diperoleh dari nilai keterserapan lebih dari 100%.
Kata kunci: Tour Quotation, prestasi belajar, Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan
References
Daftar Pustaka
Rahayu, Gilang Sri. 2015. Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015.
Respository.upy.ac.id Rosyid, Moh Zaiful, Mustajab, Aminol. 2019. Prestasi Belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi
Rismaida. 2019. Program Literasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. http://semarakpost.com/2019/program-literasi-dalam-meningkatkan-prestasi-belajarsiswa.html/
Sawari, Ardian Mercy. 2014. Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Aliyah DDI LABIBA Kecamatan Mandonga Kota Kediri. idglib.iainkendari.ac.id
Zaini. 2018. Program Literasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Surabaya. digilib.uinsby.ac.id
Antika, R. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Materi pokok Konstruksi Batu Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas X DPIB SMK Muhammadiyah Pakem. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Asrofu, M. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pendekatan Savi Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI) Pada Siswa Kelas IV Di SD N Bakulan Jetis Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Sedayu M.A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mekanika Teknik Menggunakan Model Pembelajaran STAD pada Siswa Paket Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Magelang. Yogyakarta: UNY.
Herry. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (online). (http://rikoyutra.blogspot.com, diakses tanggal 10 Desember 2016).
Siagian, Roida E V. 2011. “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematikaâ€. Jurnal Formatif, 2(2): 122-131.
Pangestu, Agung Dwi, dkk. 2015. “Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timurâ€, JurnalPenelitianPendidikanMatematika.Vol 2(3).
Sirait, Erlando D. (2016). “Pengaruh Minat Terhadap Prestasi Belajar Matematikaâ€. Jurnal Formatif.Vol 6(1): 35-43.
Syukariani, Andi. 2015. “Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA di Kota Makassarâ€. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Pendidikan, Vol 7(1):89-98.