Penggunasn video dalam mendukung proses belajar di SMA Madzhab Imam Syafi'i Pototono Nanguntapan Bantul

Penulis

  • Baharudin Maghfur Univerditas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Abstrak

Teknologi sudah sangat dekat dengan kehidupan pelajar. Teknologi seperti smart phone, komputer, kamera dan sebagainya bisa mengganggu perhatian pelajar dari kegiatan belajar. Masalah penggunaan teknologi tersebut menjadi dilematis. Penggunaan berlebihan oleh siswa, bisa mengalihkan perhatian siswa dari kegiatan belajar, tapi jika dikekang juga mengganggu mentalitas belajar siswa. Mereka merasa dkekang oleh sekolah. Salah satu solusi adalah dengan memanfaatkannya dalam proses belajar mengajar. Di pondok pesantren SMA Madhab Imam Syafiâ€i, siswa diberikan tugas untuk membuat laporan belajar dalam bentuk video. Siswa terlihat antusias dalam mengerjakan tugas tersebut karena mereka bisa menggunakan smartphone, komputer dan kamera mereka. Selain penggunaannya terkontrol oleh tugas, beberapa dari mereka juga mendapat ilmu dan skill baru seperti memproses dan mengedit video. Beberapa siswa bahkan belajar mengedit video dari youtube. Jadi, teknologi bisa membantu proses belajar mengajar jika digunakan dengan benar. Siswa merasa tidak terkekang dan terlebih dari itu, mereka bisa dengan mandiri mendapat ilmu dan skill baru.

Referensi

Boateng, RO., Amankwaa, A., 2016. The Impact of Social Media on Student Academic Life in Higher Education, Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: G Linguistics & Education: conference series

Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I, halaman 41

Field, R., Duffy, J., Huggins, A., 2015. Teaching independent learning skills in the first year: A positive psychology strategy for promoting law student well-being. Journal of Learning Design, Volume 8, No. 2, halaman 8

Greenhow, C., Lewin, 2016. Social Media and Education: Re-conceptualizing the Boundariesof Formal and Informal Learning. Learning, Media and Technology

Kopzhassarova, U., Akbayeva, G., Eskazinovaa, Z., Belgibayeva, G., Tazhikeyeva, A., 2016. Enhancement of Students’ Independent Learning Through Their Critical Thinking Skills Development. International Journal of Environmental & Science Education, VOL.11 , NO.18, halaman 11586

Nagel, T.W.S., Remillard, C., Aucoin, R., Takenishi, A., 2018. Findings on Student Use of Social Media at the Collegiate, Undergraduate, and Graduate Levels: Implications for Post-Secondary Educators. Journal of University Teaching & Learning Practice, Volume 15, Issue 1, halaman 13

Santoso, M. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Universitas Padjadjaran

ŽydžiÅ«naitÄ—. V, TereseviÄienÄ—. M, GedvilienÄ—. G., 2015. The sStructure of Independent Learning in Higher Education: Students’ Attitude. Proceeding of the International Scientifical Conference

Diterbitkan

2020-03-22