PENERAPAN MIND MAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SD NEGERI TIDAR 5

Penulis

  • hanif nuriyana dewi Sekolah Dasar Negeri Tidar 5 Kota Magelang

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Mind Map pada pelajaran IPS pada siswa kelas V di Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini siswa SD N Tidar 5. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah siswa 32 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes tertulis dan observasi. Data diperoleh secara induktif, dan disajikan dalam bentuk statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan tiap siklusnya. Siklus I nilai rerata 64, siklus II diperoleh rerata 71, dan siklus III diperoleh rerata 82. Tingkat ketuntasan peserta didik pada siklus I = 56%, siklus II = 90%, siklus III = 100%. Hasil tersebut sebagai bukti bahwa kinerja siswa berbanding lurus dengan tingkat penguasaan materi. Semakin tinggi kinerja siswa, semakin tinggi tingkat penguasaan materi siswa. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui Mind Map dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas V SD N Tidar 5.

Kata kunci: Mind Map, Pembelajaran IPS, Prestasi Belajar

 

Abstract: The purpose of this study is to improve the learning achievement of students taught using a Mind Map on social sudies subjects in fifth grade students in Academic Year 2019/2020. Ths research is classroom action research. The population of this study is SD N Tidar students with the sample of 32 grade V students. Data collection techniques use written test instruments and observation. Data obtained inductively, and presented in the form f descriptive statistics.

The results showed an increase in each cycle. Cycle I mean 64, cycle II averaged 71, and cycle III averaged 82. The level of completeness of students in cycle who were I = 56%, cycle II = 90%, cycle III = 100%. These results are evidence that students perfomance is directly proportional to the level of mastery of the material. The higher the performance of students, the higher the level of mastery of students material. From the results of data analysis, it can be concluded that through Mind Map can improve the ability of grade V students of SD N Tidar 5.

 

Keywords: Mind Map, learning social class, learning achievement

Biografi Penulis

hanif nuriyana dewi, Sekolah Dasar Negeri Tidar 5 Kota Magelang

SDN Tidar 5 Kota Magelang

Diterbitkan

2020-03-22