PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI JURNAL PENYESUAIN DAN KERTAS KERJA Perusahaan Jasa

Penulis

  • Agustina Vista Elprina Gaudiawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan multimedia Pembelajaran bagi siswi SMA kelas XII sebagai media untuk mempermudah dalam pembelajaran Ekonomi. Multimedia tersebut untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran Ekonomi materi Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja Perusahaan Jasa.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Produk yang dikembangkan adalah Multimedia Pembelajaran Ekonomi bagi siswa kelas XII yang berisi tentang materi Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini subjek ahli, yaitu ahli materi akuntansi, ahli media pembelajaran dan subjek siswa yaitu siswa kelas XII IPS 1 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes pre test dan post test. Angket dikembangkan untuk menilai Multimedia yang dikembangkan dari segi kelengkapan materi, isi materi maupun kemudahan dalam penggunaan multimedia. Data dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji coba lapangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi materi Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja termasuk dalam kategori baik menurut ahli materi (rata-rata skor 4,03), menurut ahli media termasuk kategori baik dan layak digunakan (rata-rata skor 3,95), menurut pengguna juga termasuk kategori baik layak (rata-rata skor 4,22). Dengan demikian Multimedia Pembelajaran Ekonomi layak dan efektif untuk digunakan bagi siswa kelas XII jurusan IPS.

Diterbitkan

2020-03-22