PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGGUNAAN ALAT PERAGA MELALUI SUPERVISI KLINIS BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suharwanti Suharwanti

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SD dalam menggunakan alat peraga  melalui supervisi klinis. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Instrumen observasi yang digunakan adalah alat penilaian kemampuan guru (APKG) berupa Instrument penilaian administrasi pembelajaran . Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh di deskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutkan dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian administrasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kemampuan awal dengan kriteria rata-rata kurang, setelah diadakan perbaikan pada siklus pertama diperoleh hasil dengan rata-rata kriteria masih kurang, namun setelah diadakan perbaikan dengan siklus dua pertemuan dua maka hasil yang diperoleh rata-rata baik, bahkan ada guru memperoleh hasil baik sekali. Berarti peningkatan kemampuan kompetensi guru kelas dalam proses pembelajaran menggunakan alat peraga melalui supervisi klinis berkelanjutan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kondisi awal sekolah yaitu terjadi peningkatan pada siklus dua pertemuan kedua dengan menggunakan supervisi klinis berkelanjutan pada guru.

Kata Kunci :Kompetensi guru, penggunaan alat peraga,supervise klinis berkelanjutan

 

Abstract : The research objective is to improve the pedagogical competence of teachers in primary schools in using teaching aids through clinical supervision. The activities in this study consisted of the stages of action planning, action implementation, observation, and reflection. Data collection techniques using class observation techniques. The observation instrument used was a teacher's ability assessment tool (APKG) in the form of a learning administration assessment Instrument. Analysis of the data used is a comparative descriptive analysis technique. Quantitative data obtained is described in the form of words or explanations. Data comparison is then continued to ensure whether there is an increase in the ability of teachers in the assessment of learning administration. The results showed that the teacher had an initial ability with average criteria less, after improvements were made in the first cycle obtained results with an average criterion was still lacking, but after an improvement with two cycles of two meetings the results obtained were average good, even there are teachers who get excellent results. Means an increase in the competence of classroom teacher skills in the learning process using teaching aids through ongoing clinical supervision can be concluded that there was a significant increase in the initial conditions of school that is an increase in the second cycle of the second meeting by using sustainable clinical supervision on teachers.

Keywords: Teacher competence, the use of teaching aids, ongoing clinical supervision

Keywords: academic supervision, student therapy models, learning quality

References

Daftar Pustaka

Daryanto dan Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi pembelajaran inspeksi meliputi: controlling, correcting, judging, demonstration.Yogyakarta: Gava Media.

Karsiyem & Muhammad N.W. 2015. Pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru sekolah dasar gugus III sentolo, kulonprogo. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan. Volume 3, No 2, September 2015

Ansori Aan, Ahmad Supriyanto, Burhanuddin 2016. Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 12, Bln Desember, Thn 2016, Hal 2321—2326.

Slameto. 2016. Supervisi pendidikan oleh pengawas sekolah. Jurnal manajemen pendidikan. Volume 3 No 2 Juli-Desember 2016.

Damayanti W. 2016. Peningkatan mutu kinerja guru melalui supervise akademik di SMK Negeri salatiga menghadapi PKG 2016. Jurnal pendidikan ilmu sosial Vol 26 No.1 Juni 2016.

Purbasari M.2016. Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of elementary education. Volume 3 No 2 Juli-Desember 2016.

Suwartini EA. 2017. Supervisi akademik kepala sekolah, profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Jurnal administrasi pendidikan. Volume XXIV No 2 Oktober 2017.

Tyagita BPA,Iriani A.2018.Jurnal Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Volume: 5, No. 2, Juli-Desember 2018 Halaman: 165-176

Khotimah S H. (2019). Jurnal Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3 (1) pp. 48-55.

Batubara H, Ariani D N. Jurnal Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Di Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 1, Oktober 2019 Halaman: 33-46

Published

2020-03-22

Citation Check