PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERNYANYI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan bernyanyi melalui media audio visual siswa kelas VIIÂ B SMP Negeri 2 Pakem . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data pada penelitian diambil dari tes kemampuan siswa dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran seni budaya dengan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa. Hal ini dapat terlihat dari perilaku siswa di dalam kelas yaitu siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan media Audio Visual, siswa aktif dalam melakukan eksplorasi pembelajaran, dan hasil pembelajaran yang sudah diperoleh siswa meningkat pada siklus 2. Tes dilakukan secara praktik berdasarkan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu daerah Jawa Tengah. Selain itu, prosentase peningkatan juga dapat dilihat melalui hasil tes pada siklus 1 sebesar 54,29 %, kemudian menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan siklus 2 yaitu sebesar 88,57  %.
Kata Kunci: Keterampilan Bernyanyi, Media Audio Visual, Hasil Belajar
Â
Abstract: The purpose of this study is to find out the improvement of learning using Audio Visual media on the singing skills and to describe the level of success in the process of singing skills through audio visual media of students of class VII B SMP Negeri 2 Pakem. This research is a Classroom Action Research consisting of 2 cycles. Each cycle includes planning, action, observation and reflection. The data on the study were taken from students' ability tests and interviews.
The results showed the learning process of singing practice with Audio Visual media can improve students' singing skills. This can be seen from the behavior of students in the classroom that students are enthusiastic in participating in learning with Audio Visual media, students are active in exploring learning, and learning outcomes have been obtained by students increased in cycle 2. The test is done in practice based on students' ability to sing songs Central Java area. In addition, the percentage increase can also be seen through the results of tests in cycle 1 of 38.89%, then showed a significant increase after the implementation of cycle 2 which was 83.33%.
Keywords: Singing Skills, Audio Visual Media, Learning Outcomes
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,1995. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Bina Aksara.Jakarta
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan Nasional,2007.Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,2017. Seni Budaya Buku Guru.Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,2017. Seni Budaya Buku Siswa.Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud.
Mautang, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Manado. Manado.
-----------------, 2008. Pedoman Praktis PTK. Universitas Negeri Manado. Manado.
Milles,Huberman,1992. Analisis Data Kualitatif : Buku sumber Tentang Metode-metode baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohandi Rohidi.UI Press.Jakarta
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka
Cipta.
Soeharto. M. 1989. Belajar Notasi Balok. Jakarta: Gramedia.
Sumiati dan Asra,2009.Metode Pembelajaran.Bandung: CV Wacana Prima
Sunarti dan Selly R.2012. Penilaian Hasil Belajar Untuk SD,SMP dan SMA.Yogyakarta : andi offset
Thaha Tjatjo,2002.350 Tanya Jawab Teknologi Instruksional,Untad Press.Untad
Zainal Aqib.2009.Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:CV.Yrama Widya