Manajemen Supervisi Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Binaan

Penulis

  • Fajar Sugiharto Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah manajemen supervisi yang dilakukan peneliti dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah binaan dalam pengembangan sekolah dan kendala yang dihadapi dalam penerapan manajemen supervisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data kepala sekolah binaan di Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen dengan menggunakan data awal hasil penilaian kinerja kepala sekolah tahun 2018 kompetensi pengembangan sekolah. Penelitian ini membandingkan nilai kinerja kepala sekolah tahun 2018 dengan nilai kinerja kepala sekolah setelah dilaksanakan manajemen supervisi pada kompetensi pengembangan sekolah.

Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen supervisi yang dilakukan dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah binaan dalam pengembangan sekolah. Peningkatan kinerja terlihat dari peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam pengembangan sekolah pada kegiatan perencanaan, pelaksanan, evaluasi kegiatan dan tindak lanjut.

Kendala yang dihadapi dalam penerapan manajemen yaitu belum semua kepala sekolah mempunyai kompetensi teknologi informasi yang memadai, kurangnya pengetahuan kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah dan letak geografis sekolah yang terpencar di daerah pengunungan sehingga sehingga mengganggu akses kegiatan.

Kata kunci: manajemen, supervisi, kinerja

 

Abstract: The purpose of this study is to find out whether the supervision management conducted by researchers can improve the performance of fostered principals in school development and the obstacles faced in implementing supervision management. This study used a qualitative research method with the data source of fostered school principals in Korwilcam in the Field of Education in Karangsambung Subdistrict, Kebumen District, using preliminary data on the results of the 2018 headmaster's performance evaluation of school development competencies. This study compares the 2018 principals 'performance scores with the principals' performance scores after the supervision management was carried out on school development competencies.

The results showed that the supervision management carried out could improve the performance of the target school principals in school development. Improved performance can be seen from increasing the competency of school principals in school development in planning, implementation, evaluation and follow-up activities.

Constraints faced in the application of management are that not all principals have adequate information technology competencies, the lack of knowledge of principals in school management and the geographical location of schools that are scattered in the mountainous areas so that it disrupts access to activities.

Keywords: management, supervision, performance

Biografi Penulis

Fajar Sugiharto, Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen

Pengawas Sekolah Madya di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen

Referensi

A.F Stoner, James dan Edward Freeman (eds). (2000). Manajemen Jilid I, terj. Alexander Sindoro, Jakarta: PT Prahallindo, 2000.

Astarini, D. (2016). Menyusun Program Supervisi Akademik Melalui Pendampingan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1.

Daryanto., Rachmawati Tutik. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Karsiyem, K., & Wangid, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus Iii Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201–212. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337

Makawimbang, dan Jerry,H. (2013). Supervisi Klinis. Bandung: Alfabeta

Negeri, M. A., Tulungagung, K., Negeri, M. A., Tulungagung, K., Negeri, M. A., Tulungagung, K., … Tulungagung, K. (2016). KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. 185–200.

https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.185-200

Salam, A. A. (2017). Servant Leadership: Model Kepemimpinan Kontemporer Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 75–82. https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p075

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Peraturan Bupati Kebumen nomor 67 Tahun 2013tentang Tentang Pedoman Dan Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Sagala, H. Syaiful.(2012). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sari, D. N. A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 213–221.

Slameto, S. (2016). SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH PENGAWAS SEKOLAH. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i2.p192-206

Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Bogor, U. D. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru effect of principal leadership to teacher performance. 2(April), 73–86.

Universitas, P., & Kuala, S. (2016). Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 12 Pages PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI ROFESIONALISME GURU PADA SMA NEGERI 2 Guru selaku kualitas pendidik harus tertentu yang meliputi dengan adanya pelaksanaan dari tanggun. 4(3), 59–70.

Diterbitkan

2020-03-22