Upaya meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Melalui Permainan Dengan Simpai di Taman Kanak- Kanak

Penulis

  • lastuti utami TK Pertiwi Sengi 2 Dukun

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan motorik kasar anak kelompok B2 melalui permainan dengan simpai di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sengi 2 Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan karena ketrampilan motorik kasar anak kelompok B di TK Pertiwi Sengi 2 mengalami hambatan jika tidak menggunakan alat atau media untuk menstimulasi perkembangannya. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan tiga siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan selama enam hari. Sedangkan hasil yang ingin dicapai dalam PTK ini adalah : 1) meningkatnya Ketrampilan Motorik Kasar Anak setelah melaksanakan Permainan dengan simpai. 2) meningkatnya rasa gotong royong anak atau kerjasama anak. 3) anak mampu mengendalikan emosinya. 4) anak mampu menggerakkan anggota tubuh dengan cepat terutama tangan dan kaki. 5) anak memiliki keinginan bersaing secara positif. 6) anak mau mengakui keunggulan temannya atau kelompok lain. Dengan demikian sekaligus melatih anak agar dapat menerima kekalahannya tanpa perasaan marah atau kecewa. Jadi dengan PTK ini hasil yang diharapkan tidak hanya perkembangan yang bersifat fisik saja, namun juga perkembangan emosi dan juga pendidikan karakter anak.

 Kata kunci: Ketrampilan Motorik Kasar Anak, Permainan Dengan Simpai.

Referensi

Reni Novitasari (2019) M. Nasirun dan Delrefi D. Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain dengan media hulahoop pada anak kelompok B ( Jurnal Ilmiah Potensia)

Montolalu (2005) Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Moeslichatoen (2006) Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, (Malang: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan).

Yuliani Nurani Sujono (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT.

Indeks)

Uswatun Hasanah (2016) Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. (Jurnal Pendidikan Anak, volume 5, edisi 1, Juni)

Bambang Sujiono (2007: 13) tentang motorik kasar anak usia dini

M Hidayanti (2013) Peningkatan motorik kasar anak melalui permainan bakiak (Jurnal pendidikan usia dini. Volume 7, Edisi 1 April)

S Sumiyati (2017) Metode pengembangan motorik kasar anak usia dini, (Jurnal pendidikan anak. Volume 3, no 1,Februari)

M Daroyah (2018) Perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini melalui aktivitas bermain, senam fantasi.(Jurnal.fkip.unila.ac.id)

R Romlah (2017) Pengaruh motorik halus dan motorik kasar terhadap perkembangan kreatifitas anak usia dini. (Jurnal keguruan dan ilmu tarbiyah, 2(1), 47-52)

Diterbitkan

2020-03-22